Berita

Observasi Perusahaan Tambang, Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Kunjungi PT DAHANA Subang

285
×

Observasi Perusahaan Tambang, Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Kunjungi PT DAHANA Subang

Share this article
Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Kunjungi PT DAHANA Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Rombongan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung melakukan kunjungan lapangan ke PT DAHANA untuk mempelajari tentang proses implementasi, eksplorasi, dan evaluasi di perusahaan tambang melalui observasi.

Kunjungan mahasiswa tersebut disambut hangat oleh SM Legal dan Komunikasi Perusahaan DAHANA, Juli Jajuli, di Kampus DAHANA, Subang, Jawa Barat. Kamis ( 18/07/2024).

Dalam sambutannya, Juli menerangkan secara singkat profil DAHANA yang namanya diambil dari bahasa sanskerta bermakna “api”. DAHANA didirikan melalui Proyek Menang yang digagas Angkatan Udara Republik Indonesia, dan kini tergabung dalam holding BUMN industri pertahanan DEFEND ID.

Setelah itu, para mahasiswa mendapatkan pemaparan materi tentang bahan peledak komersial yang disampaikan oleh Manajer Riset & Inovasi Produk Komersial Widya Faradila Omegawati. Omega menerangkan beragam jenis bahan peledak komersial DAHANA yang dapat disesuaikan dengan kondisi bebatuan di lapangan, sehingga prosesnya efisien dan mendapatkan hasil peledakan yang maksimal.

 Baca Juga : Wujud Sinergi TNI dan Masyarakat, Acara Karya Bakti Kodim 0605 Tahun 2024 Resmi Dibuka

PT DAHANA dikenal secara luas sebagai perusahaan kiblat bahan peledak Indonesia, dengan fasilitas terlengkap di kawasan Asia Tenggara. DAHANA memiliki berbagai lini bisnis seperti pertambangan umum, kuari & konstruksi, migas, hingga militer. Produk DAHANA juga telah dipercaya oleh perusahaan pertambangan seantero Indonesia bahkan luar negeri.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung Janiar Pitulima menuturkan, kedatangan mahasiswanya dilakukan dalam rangka memenuhi kurikulum Jurusan Teknik Pertambangan. Dia juga berharap mahasiswa dapat memahami rekayasa peledakan melalui pemahaman tentang proses-proses peledakan, cara peledakan, komposisi bahan ledak dan alat yang digunakan pada saat kegiatan peledakan.

“Sebelumnya ada juga mahasiswa kami yang pernah melaksanakan kunjungan industri di sini, mudah-mudahan teknik pertambangan Universitas Bangka Belitung dapat bersinergi dengan PT DAHANA dalam mendukung kegiatan mahasiswa kami,” kata Janiar.

Usai mendapatkan sambutan dan pemaparan materi tentang bahan peledak, mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung berkesempatan untuk mengunjungi kawasan Energetic Material Center dan melihat secara langsung proses produksi bahan peledak dan proses uji mutu yang dilakukan oleh PT DAHANA.

Sumber : tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *