BeritaSubang

Komisi Penanggulanan AIDS Kabupaten Subang Gelar Acara HIV/AIDS Awereness Event 2024

274
×

Komisi Penanggulanan AIDS Kabupaten Subang Gelar Acara HIV/AIDS Awereness Event 2024

Share this article
Komisi Penanggulanan AIDS Kabupaten Subang Gelar Acara AIDS Awereness Event 2024

Bertemakan ” Merdeka Berkarier dan Berkarya” Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Subang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dan konsorsium Penta Ocean – Toyo – Rinkai – PP – Wika – Jakon, menggelar acara HIV/AIDS Awareness Event 2024 yang berlangsung di Halaman Kantor Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara, pada Selasa, 06 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H.Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si, Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban, Ir. Capt. Mochamad Abduh, MM.Tr, Kepala Desa Gempol, Edy Wirana, Daisuke Maruno, dan Project Manager Penta Ocean Tokyo, beserta jajarannya.

Baca Juga : Kesempatan Emas untuk Pengusaha Kreatif! Yuk Ikuti Seleksi Tenant Inkubator Bisnis DKUPP Subang 2024

Pada sambutannya Ketua Pelaksana, Husni Mubarok, menyampaikan bahwa kehadiran Penta Ocean bukan hanya untuk sektor ekonomi, tetapi juga menunjukkan kepedulian terhadap sektor sosial, khususnya kesehatan masyarakat.

“Bukan hanya memberikan dampak ekonomi, tapi juga dampak edukatif tentang bahaya HIV/AIDS itu sendiri,” ungkapnya.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban, Ir. Capt. Mochamad Abduh, MM.Tr., menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi luas mengenai HIV/AIDS kepada masyarakat.

“Menjadi langkah awal untuk memerangi HIV/AIDS di tengah masyarakat,” ujarnya, seraya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Subang.

Baca Juga : Mutasi Serentak, Belasan Kepala OPD Pemkab Subang Dapatkan Jabatan Baru

Kepala Desa Gempol, Edy Wirana, menambahkan bahwa acara ini bertujuan untuk mengikis stigma masyarakat terkait bahaya HIV/AIDS yang sering menimbulkan keresahan. “Memberikan edukasi manfaat dan agar ibu bapak semua dapat memahami HIV/AIDS tidak menular karena sentuhan saja,” jelasnya.

Daisuke Maruno, Project Manager Penta Ocean Tokyo, menyambut baik acara ini yang mengusung tema ‘Merdeka Berkarier dan Berkarya’. “Kami sangat senang berkontribusi pada kegiatan ini, dan kita juga harus mengetahui cara melindungi diri kita dari HIV/AIDS,” katanya.

Sekda Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si, yang juga Ketua Harian Penanggulangan AIDS Kabupaten Subang, mengapresiasi Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Subang atas penyelenggaraan acara ini. “Ucapan terima kasih kepada PTRPWJ (Penta Ocean – Toyo – Rinkai – PP – Wika – Jakon Consortium) yang ikut serta secara aktif melakukan kegiatan informasi, edukasi, dan komunikasi terkait penyebaran HIV/AIDS ini,” ujarnya.

Baca Juga : Catat ! Berikut Jadwal dan Persyaratan Terbaru CPNS 2024

Kang Asep juga mengungkapkan bahwa sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang sangat rawan terhadap penularan HIV dan AIDS, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan secara terus-menerus. “Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 3 Tahun 2017 tentang pencegahan penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV), Infeksi Menular Seksual (IMS), dan penanggulangan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di lingkungan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bersama dengan seluruh lintas sektor telah berupaya dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dan mendukung Program Patimban Port Development Project Package 6 untuk kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja serta masyarakat yang terdampak di wilayah pembangunan Pelabuhan Kelas II Patimban.”

Baca Juga : Musda IX LDII Subang: Tingkatkan Harmoni Umat Beragama dan Dukung Pembangunan

Ia juga menyatakan bahwa upaya pencegahan dan penanggulangan penularan HIV dan AIDS harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. “Pelaksanaan tes HIV/AIDS secara berkala perlu dilakukan, agar dapat diketahui secara dini status dari masing-masing orang. Pola perilaku hidup sehat perlu dilakukan agar angka penularan HIV dan AIDS dapat ditekan.”

Acara ini juga dilengkapi dengan pemberian bantuan nutrisi tambahan kepada balita Desa Gempol oleh Sekda kepada perwakilan masyarakat, yang didampingi oleh Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban, Project Manager Penta Ocean Tokyo, dan Kepala Dinas Kesehatan Subang. Acara ditutup dengan paparan materi dari narasumber, termasuk Komnas Disabilitas, HRD Patimban Project, dan dokter spesialis paru dari PMC.

Turut hadir dalam acara ini jajaran Kantor KSOP Kelas II Patimban, jajaran Project Man

Sumber : jabarpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *