ArtikelKesehatan

Suka Sakit Pinggang Saat Haid ? Berikut 5 Cara Mudah Mecegahnya

121
×

Suka Sakit Pinggang Saat Haid ? Berikut 5 Cara Mudah Mecegahnya

Share this article
5 Cara Mudah Mencegah Sakit Pinggang pada saat Haid

Subang, Elshifaradio.com – Sakit pinggang saat haid merupakan keluhan umum yang sering dialami banyak wanita selama menstruasi. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di punggung bawah, tepat di atas pantat. Sebelum mengetahui cara mengatasi sakit pinggang saat haid, penting untuk mengenali gejala-gejala lain yang sering menyertainya.

Beberapa gejala tambahan yang sering muncul adalah kram di area perut bawah, nyeri yang menjalar hingga ke anus, mual dan muntah, rasa lemas dan lelah, diare, bahkan pingsan. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit pinggang saat haid:

1. Kompres Hangat

Cara pertama untuk mengatasi nyeri pinggang saat menstruasi adalah dengan mengompres area yang sakit menggunakan air hangat. Kamu juga bisa mandi dengan air hangat. Cara ini dapat membantu memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah dan suplai oksigen lebih mudah mencapai area yang terasa sakit.

Baca Juga : Menghadapi Bhayangkara Presisi FC: Tantangan Berat Persikas Subang di Pekan Kedua Pegadaian Liga 2

Hal tersebut akan membantu melemaskan otot yang kaku akibat kontraksi berlebihan, sehingga mengurangi nyeri pinggang. Untuk mengaplikasikan kompres hangat, cukup rendam handuk dalam air hangat, peras, lalu letakkan di area yang sakit. Alternatif lainnya adalah memasukkan air panas ke dalam botol, lalu balut dengan handuk dan letakkan di area yang terasa nyeri.

2. Olahraga

Bergerak aktif akan membantu otot tubuh menjadi lebih rileks. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berenang, bersepeda, berjalan kaki, atau melakukan stretching sederhana. Berolahraga juga merangsang produksi endorfin, yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit alami tubuh.

3. Lakukan Teknik Peregangan

Peregangan sederhana bisa menjadi solusi untuk mengatasi sakit pinggang saat haid. Peregangan ini bisa dilakukan sambil duduk atau berbaring. Penting untuk tidak berdiam diri terlalu lama dalam satu posisi, karena hal ini dapat memicu kram.

Baca Juga : 18 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kabupaten Subang yang Wajib Kamu Bawa Pulang

4. Pijat Menggunakan Minyak Esensial

Salah satu cara lainnya adalah memijat area yang nyeri dengan minyak esensial. Lakukan pijatan selama 10–20 menit secara teratur. “Minyak esensial mampu mengurangi peradangan dan aromanya yang lembut dapat membuat tubuh lebih rileks.”

5. Cukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur merupakan langkah sederhana yang juga efektif untuk meredakan sakit pinggang saat haid. Tidur yang cukup membantu tubuh lebih rileks dan memulihkan otot yang lelah akibat kontraksi. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu menstabilkan suasana hati selama menstruasi.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu bisa mengurangi rasa sakit pinggang saat haid dan merasa lebih nyaman selama menstruasi.

Sumber : tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *