BeritaSubang

Gelar Expo Hilirisasi Produk Unggulan, POLSUB Subang Pamerkan Hasil Project Based Learning Mahasiswa

125
×

Gelar Expo Hilirisasi Produk Unggulan, POLSUB Subang Pamerkan Hasil Project Based Learning Mahasiswa

Share this article
Polsub Gelar Expo Hilirisasi Produk Unggulan Tahun 2024

Subang, Elshifaradio.com – Politeknik Negeri Subang (POLSUB) kembali menunjukkan komitmennya dalam membangun brand value perguruan tinggi dan program studi dengan menggelar Expo Produk Unggulan 2024.

Mengusung tema “Hilirisasi Produk Unggulan Politeknik Negeri Subang”, expo ini menampilkan berbagai produk hasil dari Project Based Learning (PBL) dan Teaching Factory. Produk-produk tersebut merupakan hasil karya dari berbagai jurusan di POLSUB, yaitu Jurusan Pertanian, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer, serta Jurusan Kesehatan. Kegiatan expo berlangsung di halaman Gedung Kampus Jurusan Pertanian pada Rabu, 25 September 2024.

Expo ini merupakan salah satu program dalam rangkaian Competitive Fund yang didanai oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Produk-produk unggulan yang dipamerkan meliputi inovasi dalam sistem informasi, prototipe mesin, produk pangan dan non-pangan, serta inovasi di bidang kesehatan. Acara ini berlangsung meriah, dengan menampilkan karya kreatif yang menjadi bukti nyata inovasi mahasiswa POLSUB.

Baca Juga : Menjadi Fokus Pengawasan Bawaslu, Ada Dua Prioritas Potensi Pelanggaran di Pilkada Subang

Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan POLSUB, menegaskan bahwa expo ini merupakan bagian dari program Competitive Fund 2024 yang bertujuan meningkatkan kinerja perguruan tinggi melalui tata kelola, kemitraan, serta inovasi dalam pembelajaran berbasis teaching factory dan produk unggulan.

“Kami juga memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan pengembangan merdeka belajar kampus merdeka yang mendorong pendidikan tinggi vokasi melakukan transformasi berdaya saing unggul,” jelas Wiwik.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pejabat Bupati Kabupaten Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asep Nuroni, S.sos., M.Si. Dalam sambutannya, Pj. Bupati Subang menyampaikan bahwa inovasi yang dihasilkan mahasiswa POLSUB merupakan kunci penting dalam memajukan Subang, terutama dengan adanya dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru, yakni KEK Wahana-Patimban dan KEK Subang Smart Politan. Kawasan ini akan menjadi pusat teknologi tinggi di bidang semikonduktor, green technology, serta mobil listrik dan elektronik.

Baca Juga : Masih Terus Ditindaklanjuti, Berikut Sejumlah Dugaan Korupsi yang Menyeret Mantan Sekda Karawang

“Subang harus siap menghadapi perubahan besar, terutama dalam pengembangan SDM dan infrastruktur. Hal itu bisa kita mulai dari ini, yaitu dari mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan inovatif,” ungkap Imran.

Ia juga menambahkan bahwa potensi pendapatan dari KEK ini bisa mencapai 10 triliun rupiah dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Subang secara signifikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, kolaborasi antara pemerintah, kampus, dan industri menjadi kunci utama.

Ketua Task Force Kegiatan Competitive Fund POLSUB, Irna Dwi Destiana, menjelaskan bahwa tema “Hilirisasi Produk Unggulan” mencerminkan harapan agar inovasi yang dihasilkan di lingkungan kampus dapat dihilirisasi oleh industri dan diterapkan di masyarakat.

Baca Juga : Buruan Daftar, Gratis ! Dahana Subang Gelar Singing Competition Batch II 2024

“Adanya pameran produk ini, POLSUB ingin terus membangun brand value pendidikan vokasi dalam menghasilkan lulusan dengan kompetensi terapan tertentu yang merujuk pada diferensiasi misi perguruan tinggi,” jelas Irna.

Wiwik Endah Rahayu juga menambahkan, “Dengan adanya kegiatan Expo Hilirisasi Produk Unggulan POLSUB ini, diharapkan produk unggulan POLSUB bisa dikenal masyarakat luas, serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, menjalin kerjasama yang baik dengan instansi dan mitra industri serta bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat subang. Dengan begitu Politeknik Negeri Subang akan dapat mencapai visi Politeknik Negeri Subang yang sudah ditetapkan yaitu pada tahun 2030 menjadi salah satu Politeknik terbaik di Indonesia.”

Expo ini menegaskan komitmen POLSUB dalam membangun pendidikan vokasi yang unggul dan relevan dengan kebutuhan industri, serta menjadikan lulusannya siap berdaya saing tinggi di pasar global.

Sumber : jabarpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *