google-site-verification=LkVD0XnhrKMvRImOT1_0MK5gk96YtuvqCuUDs0kcfGc
banner 728x250

Visitasi Kepemimpinan Nasional Kementerian Pertanian Di Kota Subang Disambut Oleh Sekda

22
sumber foto : dokumen prokompim subang
banner 468x60

SUBANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si, menerima kunjungan kepala pusat pelatihan manajemen dan kepemimpinan Pertanian beserta jajaran dalam rangka Visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tk.II Angkatan XX Tahun 2022, bertempat di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selasa, 20 September 2022.

Kementerian Pertanian (Kementan) tengah menyiapkan calon pemimpin dengan kompetensi tinggi melalui “Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XX Tahun 2022”. Visitasi kepemimpinan nasional bertujuan memfasilitasi peserta untuk mengaktualisasikan kepemimpinan strategis dan management strategis, dimana output dari kegiatan ini adalah kebijakan singkat atau policy brief.

banner 336x280

Selain itu, kegiatan visitasi tersebut juga sebagai sarana sharing inovasi yang telah dilakukan oleh lokus yang dikunjungi sehingga terbangun pengertian dan kesepahaman antara peserta.

Sementara tujuan penyelenggaraan PKN Tingkat II adalah mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Ir. Yusril Tahir, M.Agr menjelaskan, kompetensi yang akan dibangun pada pelatihan ini adalah kompetensi kepemimpinan strategis yang merupakan kompetensi manajerial peserta untuk menjamin akuntabilitas jabatan. Tujuannya adalah tersusunnya rumusan alternatif kebijakan yang memberikan solusi, tercapainya hasil kerja unit selaras dengan tujuan organisasi, terwujudnya pengembangan strategi yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi, dan terwujudnya kapabilitas pada unit kerja untuk mencapai outcome organisasi.

“Para peserta nantinya akan menjadi pemimpin di instansinya masing-masing. Sebagai pemimpin, salah satu hal yang terpenting adalah tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Tanggung jawab tak bisa tumbuh dengan sendirinya. Selain tanggung jawab, pemimpin juga harus memiliki jiwa inovasi. Sebagai pemimpin nantinya, harus yakin dengan target pencapaian yang ingin diraih. Maka dari itu amat penting seorang pemimpin bertindak cepat, cermat dan akurat. Pemimpin itu harus punya prinsip. Tanpa sarana IT di era 4.0 ini sulit kita mewujudkan hal tersebut. Karakter pemimpin teruji dengan tugasnya. Pemimpin harus kreatif, punya terobosan. Pemimpin tanpa terobosan, tanpa kreasi, itu bukan pemimpin.” Tutur Yusril Tahir.

Sementara itu Sekda Subang Kang Asep Nuroni mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Visitasi PKN yang memilih Kabupaten Subang sebagai locus Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) tahun ini. Kang Asep Nuroni pun menyampaikan potensi alam Kabupaten Subang yang memiliki 3 klaster wilayah, dataran rendah, medium, dan dataran tinggi, dimana di setiap klaster wilayahnya memiliki keunggulan komoditi yang spesifik sehingga Kabupaten Subang memiliki potensi pertanian yang beragam. Salah satu keunggulan dataran rendah Kabupaten Subang yakni sentra padi yang membuat Kabupaten Subang menjadi salah satu lumbung padi Jawa Barat dan Nasional. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan merupakan sektor ekonomi dengan kontribusi tertinggi terhadap struktur perekonomian di Kabupaten Subang tahun 2018-2020.

Selain berbagai program strategis yang dijalankan di Kabupaten Subang, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas penting bagi Subang, maka Kabupaten Subang akan terus melakukan upaya percepatan dan pengembangan terhadap sektor pertanian.

Kang Asep berharap dengan adanya vistasi ini bisa menambah ilmu dan pengalaman untuk membangun pertanian berkelanjutan untuk mendukung daya saing produk pertanian, dimana pertanian berkelanjutan adalah cara terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan pangan dan mempertahankan kelestarian lingkungan baik di generasi sekarang maupun di generasi mendatang.

“Semoga dengan kegiatan ini mampu mempengaruhi serta meningkatkan pengetahuan SDM petani di Kabupaten Subang, juga menambah pengalaman baru untuk seluruh peserta” tutup Kang Asep. Kegiatan ini dihadiri oleh, Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Widyaswara ahli utama / koordinator akademik PKN Tk.II, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, Kepala DKUPP Kabupaten Subang, serta para peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.