google-site-verification=LkVD0XnhrKMvRImOT1_0MK5gk96YtuvqCuUDs0kcfGc
banner 728x250

Kang Akur Paparkan Inovasi Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Seminar Riset dan Teknologi

2
sumber foto : dokumen prokompim subang
banner 468x60

SUBANG – Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi hadiri Seminar Riset dan praktek Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang Tahun Akademik 2022/2023, yang bertempat di Auditorium Lantai 2 Universitas Subang. Senin (03/10/2022).

Adapun tema dari seminar tersebut yaitu Inovasi Pelayanan Dan Transfortasi Digital Tata Kelola Birokrasi Pemerintahan di Kabupaten Subang yang diikuti oleh 212 peserta ristek dengan 21 pembimbing secara langsung maupun virtual.

banner 336x280

Disampaikan laporan oleh Kaprodi Administrasi Publik, Luki Natika, S.AP., M.Si bahwa Seminar Riset dan Praktek Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir.

Luki Natika juga menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa khususnya pemahaman dan penerapan yang berkaitan dengan kajian praktik-praktik administrasi publik, serta meningkatkan kerjasama antara Universitas Subang dengan Pemerintah Daerah.

“Selain itu, membangun wawasan dan pemahaman dalam administrasi publik yang siap pakai dan bekerja, penguasaan teori, menjalin persaudaraan antara mahasiswa, dosen pembimbing serta lembaga terkait” pungkas Luki.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Unsub Dr. Hj. Silvi Sundari Gazali, S.Psi., MM menyampaikan bahwa seminar tersebut merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam rangka melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian, sehingga diharapkan mampu mengembangkan ilmu, inovasi serta menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk menunjang riset tersebut, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan MoU dan MoA dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

Sementara itu, Rektor Universitas Subang Dr. Drs Ir. H. A. Moeslihat Komara, M.Si menyampaikan bahwa dengan berbagai pencapaian yang diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menjadi salah satu alasan mengapa riset akan dilakukan di Kabupaten Subang.

“dalam riset yang akan dilakukan akan menghasilkan beberapa bentuk seperti rekomendasi, sharing, hak paten hingga penelitian dalam bentuk lab (model) dan nantinya akan menghasilkan bentuk pelayanan baik seperti apa” tuturnya.

Selain membuka kegiatan, Wakil Bupati Subang juga hadir sebagai Keynote Speaker dengan memaparkan terkait visi misi Kabupaten Subang, tema dan prioritas pembangunan tahun 2023 salah satunya yaitu reformasi birokrasi serta 105 inovasi layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Subang pada tahun 2022.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yaitu Kepala Disnakertrans, Kepala DKUPP, Kepala Disdukcapil, Kepala DPMPTSP, perwakilan Diskominfo serta diskusi bersama para mahasiswa. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Kutawaringin Subang, Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II Universitas Subang, para dosen pembimbing ristek dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *