BeritaSubang

Sekretaris Daerah Bersama Kapolres Subang  Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

36
×

Sekretaris Daerah Bersama Kapolres Subang  Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

Share this article
2
sumber foto : dokumen prokompim subang

SUBANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si didampingi oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni S.I.K, S.H, M.H mengikuti Rapat Koordinasi pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri Tito Karnavian secara virtual, bertempat di Ruang Rapat Bupati I, Senin 7 November 2022.

Tito mengatakan bahwa inflasi yang terjadi saat ini adalah permasalahan global yang juga berdampak kepada Indonesia. “Banyak negara-negara Eropa yang inflasinya terus naik, namun kabar baiknya di Indonesia inflasi kita turun secara nasional, dimana bulan September kemarin 5,95% (yoy) dan di bulan Oktober ini sebesar 5,71% (yoy),” ucapnya.

Tito juga menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia membaik di bulan Oktober ini. “Indonesia menduduki posisi ketujuh negara ekonomi terbesar di dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Subang Kang Asep Nuroni menyampaikan bahwa Rakor ini merupakan evaluasi setiap waktu yang dilaksanakan oleh Kemendagri dalam rangka mengkoordinasikan penanganan inflasi dan tambahan-tambahan informasi mengenai COVID-19. Dampak inflasi tersebut secara komplek berdampak ke semua lini kehidupan, ini yang harus di antisipasi secara bersama oleh Pemerintah Daerah dan juga semua pihak. Oleh sebab itu, intervensi yang diharapkan sesuai dengan tupoksi masing-masing dalam mengantisipasi inflasi tersebut.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dalam langkah awal antisipasi inflasi daerah mengadakan program bazzar ketahanan pangan murah yang akan dilaksanakan di kantor Samsat pada tanggal 8-9 November 2022, ini dilaksanakan berdasarkan akibat dari kenaikan harga BBM dan bahan pangan. Kemudian, akan mengadakan pelaksanaan pembuatan dan pengangkatan optimasi lahan di 150 desa, 30 Kecamatan yang akan dilaksanakan minggu depan. Kemudian juga akan dilaksanakan program ketahanan pangan yakni program telur murah dari PT. Pokphand. Diharapkan dengan program-program ini dapat membantu antisipasi inflasi daerah. Kemudian Dinas Sosial terkait inflasi daerah ini sudah menyiapkan program Bansos BLT dan juga bantuan sembako kepada masyarakat yang terdaftar.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Subang AKBP Sumarni menghimbau untuk saling berkoordinasi dan bekerja secara maksimal untuk mengantisipasi inflasi daerah.

Sementara itu, Dalam instruksi nya, Sekretaris Daerah dan juga Kapolres meminta kepada OPD terkait, untuk mengekspose  ke masyarakat luas terkait program bazzar ketahanan pangan maupun program-program lainnya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala DKUPP, Kabag Ekonomi, beserta jajaran perwakilan OPD terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *