Berita

Menjadi Pusat Rehabilitasi, Bey Machmudin Resmikan Gedung Satpel Bina Laras Panti ODGJ di Sumedang

109
×

Menjadi Pusat Rehabilitasi, Bey Machmudin Resmikan Gedung Satpel Bina Laras Panti ODGJ di Sumedang

Share this article
Bey Machmudin Resmikan Gedung Satpel Bina Laras Panti ODGJ di Sumedang

Subang, Elshifaradio.com – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meresmikan Gedung Satuan Pelayanan (Satpel) Bina Laras UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar yang berlokasi di Blok Pamoyanan, Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, pada Jumat (27/9/2024).

Satpel Bina Laras ini berfungsi sebagai panti rehabilitasi bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Selain menyediakan tempat tinggal sementara, fasilitas ini juga menjadi pusat pemulihan dan rehabilitasi bagi pasien ODGJ, yang bertujuan membantu mereka kembali berintegrasi dengan masyarakat.

Bey Machmudin menegaskan bahwa kehadiran gedung Satpel Bina Laras merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang menderita gangguan jiwa.

Baca Juga : Buruan Daftar, Gratis ! Dahana Subang Gelar Singing Competition Batch II 2024

“Fasilitas ini bukan hanya tempat tinggal sementara, tetapi menjadi pusat pemulihan dan rehabilitasi, dengan tujuan agar mereka bisa kembali menjalani kehidupan yang lebih baik dan produktif di masyarakat,” ujar Bey.

Setelah meninjau gedung tersebut, Bey menyatakan puas dengan fasilitas yang tersedia dan mengapresiasi kerja keras pramu jiwa yang telah mendampingi pasien ODGJ.

“Tadi saya lihat fasilitasnya, sangat baik. Saya juga sampaikan terima kasih kepada pramu jiwa yang sudah berkenan bekerja dan mendampingi saudara-saudara kita yang ODGJ,” tambahnya.

Bey juga menyerukan kepada semua pihak agar mendukung upaya pemulihan pasien ODGJ serta membantu menghilangkan stigma negatif terhadap mereka. Menurutnya, pasien ODGJ harus diperlakukan secara manusiawi dan penuh kasih sayang.

Baca Juga : Masih Terus Ditindaklanjuti, Berikut Sejumlah Dugaan Korupsi yang Menyeret Mantan Sekda Karawang

Lebih lanjut, Bey meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Provinsi Jabar yang sedang mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) untuk mengunjungi fasilitas yang dimiliki Dinas Sosial Jabar, seperti Gedung Satpel Bina Laras.

“Tadi saya sampaikan ke Pak Sumasna (Kepala BKD Jabar) agar para calon pemimpin itu memahami bahwa banyak saudara kita yang perlu kita perhatikan. Jangan lupa untuk mengingatkan juga bahwa mereka adalah bagian dari kehidupan kita, dan kita harus bahu-membahu dan tolong-menolong,” ujar Bey.

Ia menambahkan, “Semoga keberadaan panti ini dapat memberikan manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan.”

Sumber : tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *