BeritaSubang

Atasi Krisis Iklim, DAHANA Gelar Aksi Tanam Pohon Mangrove dan Kelapa di Pantai Utara Subang

290
×

Atasi Krisis Iklim, DAHANA Gelar Aksi Tanam Pohon Mangrove dan Kelapa di Pantai Utara Subang

Share this article
DAHANA Gelar Aksi Tanam Pohon Mangrove dan Kelapa di Pantai Utara Subang

Subang, Elshifaradio.com – Dalam upaya mengatasi krisis iklim dan memperkuat perekonomian masyarakat pesisir, Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT DAHANA melakukan aksi nyata dengan penanaman pohon mangrove dan kelapa di Legonkulon, Subang, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 3 Oktober 2024 ini, juga menjadi langkah perusahaan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam pilar Ekonomi Sirkular.

Pjs. Sekretaris Perusahaan PT DAHANA, Erwin Cipta Mulyana, menegaskan komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat melalui aksi-aksi yang bermanfaat bagi lingkungan dan ekonomi.

Baca Juga : Hindari Risiko Komplikasi, Berikut Gejala dan Langkah Pertolongan Pertama saat Digigit Ular

Ia berharap, penanaman pohon mangrove dan kelapa dapat membantu mengatasi krisis iklim, kerusakan lingkungan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir di Pantai Utara Subang.

“Pohon mangrove dan kelapa tidak hanya baik untuk lingkungan, namun dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir. Dengan pohon mangrove, ekosistem pantai akan pulih dan menjadi tempat bersarangnya ikan, udang, hingga kerang yang bisa menambah pendapatan nelayan lokal,” ungkap Erwin.

Sebagaimana program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di Lahan Kritis se Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Tanaman mangrove dapat mencegah abrasi sekaligus menjadi benteng alam bagi masyarakat pesisir. Kemampuan mangrove dalam menyerap karbon turut bersumbangsih untuk mengatasi masalah polusi.

Baca Juga : Protes Stagnasi Gaji, Hakim Seluruh Indonesia Akan Gelar Aksi Cuti Bersama pada 7-11 Oktober 2024

Tak hanya berfokus pada dampak lingkungan, pohon mangrove dan kelapa dinilai juga memiliki potensi besar dalam memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir. Keberadaan hutan mangrove turut menyimpan potensi ekowisata yang dapat menyerap tenaga kerja serta menjadi tempat perputaran roda ekonomi masyarakat. DAHANA berharap, masyarakat dapat mewujudkan seluruh potensi ekonomis dari mangrove yang ditanam oleh perusahaan.

“Kami berharap, seluruh potensi ekonomi yang ada dalam tanaman mangrove dapat dimanfaat seluas-luasnya oleh masyarakat pesisir pantai utara Subang, terutama masyarakat Desa Legonwetan. Kami juga memohon doa agar DAHANA dapat terus maju dan berkembang, sehingga semakin banyak kegiatan dan masyarakat yang mendapat manfaat,” pungkas Erwin.

Acara penanaman ini turut dihadiri oleh Millennial DAHANA, Kepala CDK II Wilayah Provinsi Jawa Barat, pihak Kepolisian Sektor Legonwetan, Babinsa Legonwetan, Kepala Desa Legonwetan, perwakilan Sekolah MI Al-Huda, serta Organisasi Fab Lab City Global. Keterlibatan berbagai pihak ini semakin menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi untuk mencapai keberhasilan dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Sumber : lampusatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *