Berita

E-SKM Jadi Bentuk Upaya Peningkatan Kualiatas Layanan Pemerintah

13
×

E-SKM Jadi Bentuk Upaya Peningkatan Kualiatas Layanan Pemerintah

Share this article
E-SKM Jadi Bentuk Upaya Peningkatan Layanan Pemerintah

SUBANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terus fokus pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat di lingkungan Pemda Subang. Salah satu fungsi utama pemerintah adalah untuk melayani masyarakat sehingga feedback dari masyarakat sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Pesan ini disampaikan Imran PJ Bupati Subang yang dibacakan oleh Sekda Kab. Subang H. Asep Nuroni dalam kegiatan Workshop Pengelolaan Aplikasi E-SKM di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Tahun 2024, di Hotel Nalendra Subang, Selasa (20/2/2024).

E-SKM, sebuah sistem survei yang dibuat untuk memudahkan pemerintah dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. E-SKM telah dijalankan pemerintah sejak Desember tahun 2023 lalu.

“Wajib melakukan survei minimal 1 kali setahun karena salah satu fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat. Pemerintah memerlukan feedback atas kinerja yang diberikan oleh masyarakat agar dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan,” pesan Imran.

E-SKM Jadi Bentuk Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pemerintah

Senada dengan Imran, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Subang Kholis Nurhandayani, dalam laporannya menyatakan kekurangan pelayanan masyarakat harus ditangani, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan survei kepuasan masyarakat.

Baca Juga Pengukuhan Pengurus Senat Pasis Seskoau Angkatan Ke-61 2024

“E-SKM bisa untuk melaporkan survei kepuasan masyarakat yang sudah dilakukan dari Desember 2023 sampai saat ini. Workshop E-SKM untuk menyempurnakan survei kepuasan masyarakat yang telah berjalan,”terangnya.
Dalam kesempatan ini, Asep Nuroni mengingatkan bahwa kepercayaan masyarakat adalah hal yang sangat penting dalam mendukung lancarnya proses pembangunan dan pelayanan.

“Kalau sudah turun kepercayaan apapun yang dilakukan akan dipersepsikan negatif. Maka jajaran OPD harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk kepada OPD yang tidak melayani masyarakat secara langsung saya harapkan juga harus tetap meningkatkan pelayanan yang ada,” tegasnya.

sumber : Lampusatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *