BeritaNasionalRamadhan

Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan 1445 Jatuh Pada Tanggal 12 Maret 2024

26
×

Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan 1445 Jatuh Pada Tanggal 12 Maret 2024

Share this article
Hasil Sidang Isbat Awal Puasa Ramadhan 2024
Foto : Ilustrasi Penetapan Posisi Hilal

SUBANG, Dikutip dari TINTAHIJAU.COM – Pada tanggal 10 Maret 2024, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah menggelar pemantauan hilal dan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 1445 Hijriah.

Dalam sidang tersebut, Kemenag RI telah melakukan pemantauan hilal dan melaksanakan sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan 1445 Hijriah.

Pada pukul 17.00 WIB, Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI memaparkan posisi hilal awal Ramadan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab, yaitu perhitungan astronomi. Kemudian, setelah salat Magrib, dilanjutkan dengan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup.

Hasil Sidang Isbat Awal Puasa Ramadhan 2024

Setelah proses tersebut, Kementerian Agama menggelar konferensi pers untuk mengumumkan hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah. Dalam konferensi pers tersebut, pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Ramadan akan jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024.

Penetapan awal Ramadan oleh Kementerian Agama RI merupakan langkah penting dalam menentukan awal bulan suci bagi umat Islam di Indonesia. Hal ini menjadi acuan bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya selama bulan Ramadan.

Dengan penetapan resmi oleh pemerintah, diharapkan umat Islam dapat mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi sarana untuk meningkatkan ketaqwaan serta keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga Dalam Rangka Memperingati Hari Perempuan Internasional, PT Shinwon Indonesia Gelar Acara Bagi-Bagi Makanan Ringan dan Soft Drink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *