BeritaSubang

Kang Jimat Bersama Ketua TP PKK Subang Hadiri Kegiatan Ruwat Bumi di Desa Mandalawangi

34
×

Kang Jimat Bersama Ketua TP PKK Subang Hadiri Kegiatan Ruwat Bumi di Desa Mandalawangi

Share this article
10
sumber foto : dokumen prokompim subang

SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, hadir dalam kegiatan Ruwat Bumi di Desa Mandalawangi Kecamatan Sukasari, Sabtu (11/02/2023).

Kegiatan Ruwat Bumi di Desa Mandalawangi dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan masyarakat Desa Mandalawangi kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala bala dan diberi berkah serta permohonan agar petani di Desa Mandalawangi selalu diberikan hasil yang maksimal. Dalam acara ruwat bumi tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya Baritan, pertunjukan wayang kulit, dan pengajian.

Camat Sukasari drs. Muhamad Rudi MM dalam ucapan selamat datangnya menyatakan kehadiran Kang Jimat ke Desa Mandalawangi merupakan bukti kecintaan Kang Jimat pada masyarakat dan budaya Desa Mandalawangi.

“Bukti Pak Bupati tulus mencintai rakyatnya dan mendukung acara budaya ruwat bumi yang sudah menjadi budaya masyarakat.”

Terkait pembangunan di Kabupaten Subang, Rudi mengungkapkan di bawah kepemimpinan Kang Jimat sudah banyak pembangunan infrastruktur dan masih banyak pembangunan yang akan dilakukan demi kesejahteraan masyarakat Subang.

“Insyaallah 31 kilometer jalan akan dibangun oleh Pak Bupati. Jalan lingkar Jalancagak. Dulu di Jalancagak pasti macet. Di pantura kita akan punya jalan Patimban-Cilamaya yang melewati beberapa desa di Kecamatan Sukasari. Bendungan Sadawarna terealisasi, yang insyaallah akan mencegah banjir.”

Terakhir Rudi berharap kegiatan ruwat bumi ini menjadi wasilah bagi kesejahteraan masyarakat Desa Mandalawangi dan masyarakat Kabupaten Subang.

Membuka sambutannya Kang Jimat menghaturkan permohonan maaf karena baru kali ini dapat bersilaturahmi dengan warga Desa Mandalawangi sekaligus memohon maaf atas pembangunan yang tidak maksimal akibat pandemi Covid-19.

“Boga hutang can pernah pisan ke Desa Mandalawangi. Nyanggakeun Silaturahmi dan permohonan maaf karena baru sekarang bisa berkunjung dan atas tidak maksimalnya pembangunan di Kabupaten Subang karena anggaran pembangunan habis untuk penanganan Covid-19. Mudah-mudahan di sisa waktu kepemimpinan saya akan saya manfaatkan dengan maksimal.”

Kang Jimat mengapresiasi kegiatan ruwat bumi yang diselenggarakan oleh Desa Mandalawangi karena menurut Kang Jimat rasa syukur dapat diungkapkan dengan berbagai cara salah satunya adalah ruwat bumi yang selain melestarikan budaya juga sebagai sarana silaturahmi antar warga.

“Selamat kepada warga Desa Mandalawangi atas tasyakur bin nikmat ini. Kita melakukan syukuran dengan berbagai cara sesuai adat kebiasaan. Mudah-mudahan acara ini menjadi wasilah agar hasil panen barokah.”

Terkait Subang yang menuju era industri, Kang Jimat berpesan agar semua pihak mempersiapkan diri. Pemerintah Daerah mempersiapkan infrastruktur dan regulasi sedangkan masyarakat ikut mempersiapkan generasi penerus agar mampu bersaing dan tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

“3 tahun kena Covid-19 tapi pemerintah daerah bersiap menyambut Kabupaten Subang menuju era industri termasuk kebutuhan jalan. Kami sedang persiapkan generasi penerus 50-100 tahun yang akan datang tidak buntet kebutuhan jalan. Tapi rakyat juga harus bersiap menyambut era industri Subang karena saya tidak mau rakyat kita hanya jadi penonton. Siapkan anak-anak kita agar mampu bersaing. Kalau kita hanya leha-leha hanya akan jadi penonton.” Pungkas Kang Jimat.

Acara dilanjutkan dengan ‘Baritan’ yaitu sebuah acara makan bersama masyarakat Desa Mandalawangi yang biasanya dilaksanakan setiap bulan di setiap dusun. Kang Jimat yang larut dalam kebersamaan bersama warga ikut duduk di atas terpal sambil menikmati nasi tumpeng yang dimasak oleh masyarakat Desa Mandalawangi.

Dalam momen makan bersama tersebut terlihat keakraban antara Kang Jimat dengan masyarakat, bahkan beberapa anak Desa Mandalawangi meminta Kang Jimat menandatangani kaos dan dengan senang hati Kang Jimat melayani permintaan anak Desa Mandalawangi tersebut sambil berpesan agar anak-anak Mandalawangi serius dalam belajar demi masa depan yang lebih baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Subang, Anggota DPRD Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muspika Kecamatan Sukasari, dan masyarakat Desa Mandalawangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *