BeritaJawa Barat

Persiapan yang Optimal , Bey Machmudin Pastikan Pelaksanaan Mudik di Jabar Berjalan Aman dan Lancar

465
×

Persiapan yang Optimal , Bey Machmudin Pastikan Pelaksanaan Mudik di Jabar Berjalan Aman dan Lancar

Share this article
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Aman dan Lancar

SUBANG, Elshifaradio.com – Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan pelaksanaan mudik di wilayah Jabar berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.

Hal itu berdasarkan kesiapan berbagai stakeholders yang bekerja sama dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat Jabar dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Aman dan Lancar

Kesiapan penanganan mudik pun dibarengi dengan jumlah personel yang diturunkan Polri dan berbagai instansi lainnya sebanyak 27.162 orang.

“Hari ini di Polda Jabar diadakan rapat koordinasi jelang arus mudik dan balik, juga Operasi Ketupat Lodaya. Ada 27.162 personel yang disiapkan, 16.000 dari Polri, 245 Mabes Polri, sisanya TNI, dan instansi lainnya,” ucap Bey.

Bey menyebutkan, pergerakan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri di kampung halaman akan diantisipasi guna memastikan setiap warga dapat melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenteram.

Maka dari itu koordinasi lintas sektoral menjadi kunci penting dalam pelaksanaan arus mudik tahun 2024.

“Tentunya koordinasi (hari ini) kunci utama, khususnya memberikan keamanan dan kenyamanan selama masyarakat merayakan Idul Fitri,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Bey mengungkapkan bakal terjadi kepadatan kendaraan di jalan tol dan kawasan utara serta selatan Jabar karena prediksi arus mudik akan terjadi pada 6 April dan arus balik pada 15 April.

“Kepadatannya di jalan tol dan kawasan utara, yaitu mulai dari Karawang-Cikampek sampai Brebes. Sedangkan (titik kepadatan) di kawasan selatan mulai dari Malangbong-Nagreg-Tasikmalaya,” sebutnya.

Kepadatan kendaraan tersebut memang dipastikan terjadi di kawasan utara dan selatan Jabar karena berdasarkan survei data nasional pada tahun ini sekitar 193 juta orang yang melaksanakan perjalanan mudik.

“Pergerakan masyarakat dari hasil survei nasional sekitar 193 juta, tapi memang yang paling banyak Jawa Barat,” tutur Bey.

Berita Terkait : Ledakan Amunisi Kodam Di Bogor, Diduga Dipicu Oleh Amunisi yang Sudah Kedaluwarsa.

Selain memastikan keamanan dan kenyamanan dengan menghadirkan personel di beberapa titik wilayah yang rawan terjadi kepadatan, Pemprov Jabar tengah memperbaiki 320 lubang di jalan provinsi yang dipastikan akan rampung 10 hari menjelang Hari Idul Fitri.

“Kondisi untuk infrastruktur jalan tol baik. Terkait ruas jalan di Jabar yang dilewati pemudik ada 320 lubang dan itu akan selesai 10 hari menjelang Lebaran,” ungkapnya.

“Untuk jalan tol aman dan terkait contraflow sudah dilakukan simulasi. Kami optimistis akan lancar karena pengalaman dari libur Nataru (Natal dan tahun baru) cukup baik walaupun diperkirakan akan terjadi lompatan yang mudik,” tutupnya.

Sumber : lampusatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *