SubangBerita

Pj Bupati Subang Hadri Kegiatan MoU Replikasi Aplikasi Sengguh

310
×

Pj Bupati Subang Hadri Kegiatan MoU Replikasi Aplikasi Sengguh

Share this article
Mou Replikasi Aplikasi Sengguh di Kabupaten Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Penjabat Bupati Subang, Dr. Imran, menghadiri Penyerahan MoU dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Replikasi Aplikasi dan Proses bisnis sistem evaluasi pertanggungjawaban Pembangunan Daerah (Sengguh) di Kabupaten Subang, Kamis 16 Mei 2024.

Bappeda DIY dengan BP4D Kabupaten Subang menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang replikasi aplikasi “Sengguh” sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja dan birokrasi di kedua daerah.

Penandatanganan PKS ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Subang terkait dengan Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Berita Terkait : Makanan Khas Subang, Berikut Cerita Unik Tentang Asal Mula Terbuatnya Papais Cisaat

Kesepakatan bersama ini telah ditandatangani oleh Gubernur DIY dan PJ Bupati Subang pada Tanggal 2 April 2024. Lingkup kerjasama dalam PKS replikasi Proses bisnis aplikasi Sengguh ini meliputi penyediaan dokumen Proses bisnis, replikasi aplikasi, penyiapan infrastruktur, sarana prasarana termasuk penyiapan sumber daya manusia untuk operasional aplikasi Sengguh.

Sengguh merupakan pembaruan dari aplikasi monev Jogja kendali yang memberikan kemudahan akses bagi publik untuk mengetahui kinerja pembangunan melalui fitur yang menyediakan data dan informasi diantaranya DPA, E-Sakip, E-monev, PKKI, Evaluasi, E-LKPJ serta monev APBN.

Sengguh menampilkan transparansi kerja pembangunan beserta realisasi keuangannya sehingga publik dapat memantau akuntabilitas kinerja, mengetahui kerja organisasi perangkat daerah.

Berita Terkait : Peringati HKG PKK Ke-52 dan Jambore Kader PKK 2024, TP PKK Subang Ikuti Lomba Senam Kreasi CTPS

Plt. Kepala Bapedda DIY Drs. Saktyana M.Si menyambut baik keinginan Pemkab Subang untuk melakukan replikasi terhadap sistem ini. Ia berharap proses replikasi ini dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi yang lebih luas. PJ. Bupati Subang menyampaikan ketertarikannya dengan Sengguh milik DIY ini bermula dengan capaian SAKIP DIY yang meraih predikat AA berkali-kali.

Predikat ini adalah yang terbaik sekaligus satu-satunya di Indonesia. Ia berharap replikasi Sengguh di Subang dapat mendukung Keterbukaan Informasi Publik, capaian kinerja baik fisik maupun keuangan maupun realisasi kinerja keseluruhan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat Subang.***

Sumber : Pikiran Rakyat Subang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *