Uncategorized

All Out, Pj Bupati Majalengka Adakan Rapat Penanganan TPA Heuleut

322
×

All Out, Pj Bupati Majalengka Adakan Rapat Penanganan TPA Heuleut

Share this article
Rapat Penanganan Permasalahan TPA Heuleut Kadipaten

SUBANG, Elshifaradio.com – PJ Bupati Majalengka Dedi Supandi mengumpulkan dinas terkait guna mengatasi permasalahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Heuleut Kadipaten, Jumat (3/5/2024). Rapat tersebut membahas tindak lanjut penanganan dampak sampah dan penataan di TPA Heuleut.

Rapat Penanganan Permasalahan TPA Heuleut Kadipaten

Hadir dalam agenda tersebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) serta Asisten Daerah (Asda) 2.

PJ Bupati Majalengka Dedi Supandi mengatakan akan mengambil langkah pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di TPA Heuleut.

“Saya ingin all out. Sistem pengelolaan sampah di Majalengka juga harus naik kelas. Menurut saya, dengan konsep TPST maka pengolahan sampah yang saat ini berada di TPA Heuleut dapat langsung diproses. Jadi yang dibutuhkan, yaitu adanya peralatan pengolahan sampah termasuk alat penunjang pengurai sampahnya,” ujar Dedi Supandi.

Dalam rapat tersebut, dia mengatakan, membahas penanganan TPA Heuleut baik itu dalam jangka pendek, perencanaan perubahan dan perencanaan untuk tahun 2025. Menurut dia, rapat terkait TPA Heuleut penting untuk digelar mengingat berbagai dampak akan muncul jika tidak tidak kunjung ada penindakan.

Dedi Supandi sendiri telah melakukan pemantauan secara langsung ke TPA Heuleut pada bulan pertama dia menjabat sebagai PJ Bupati Majalengka atau pada Januari 2024 lalu.

“Nanti dalam perjalanan pembangunan TPA Heuleut menuju TPST ini juga akan dilakukan pembebasan lahan warga yang terkena dampak sampah. Termasuk hadirnya sistem untuk meminimalisir dampak, seperti pembuatan saluran limbah, dan pembuatan kolam sehingga tidak menghasilkan bau,” paparnya.

Berita Terkait : Dukung Pengembangan Usaha Di Jabar, Kadin Subang Percepat Pembentukan TKDV

Disinggung mengenai tindak lanjut aspirasi masyarakat di kawasan TPA Heuleut khususnya terkait kompensasi untuk warga yang terkena dampak, dia memastikan, akan ada bantuan melalui dinas sosial.

“Karena keluhan juga ada dari warga yang terlewati kendaraan pengakut sampah, nanti jalan yang dilalui kendaraan akan direhab sambil mempersiapkan kondisi jalan baru yang akan dibuat tidak melewati pemukiman warga. Rencananya di daerah Cipaku,” katanya.

Dia menargetkan pada tahun 2024 ini, pembangunan maupun pekerjaan di TPA Heuleut sudah dimulai.

Sumber : Tintahijau,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *