BeritaSubang

Sekda Subang Terima Kunjungan Kerja Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

16
×

Sekda Subang Terima Kunjungan Kerja Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Share this article
17
sumber foto : dokumen prokompim subang

SUBANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menerima Kunjungan Kerja jajaran Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, bertempat di Ruang Rapat Bupati II. Kamis 27 Oktober 2022.

Maksud dari kunjungan kerja Sekretariat Kabinet Republik Indonesia ke Kabupaten Subang dalam rangka melakukan koordinasi secara langsung dan mengevaluasi di lapangan terkait proses pembangunan dan pengembangan investasi dan ekonomi kreatif di Kabupaten Subang.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Haris Munandar menjelaskan tugas dan fungsi sekretariat Kabinet yakni:

– Pemantauan, evaluasi, dan pengendalian atas pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah

– Penyampaian rekomendasi atas hasil pengamatan dan penyerapan pandangan terhadap perkembangan umum.

– Penyelesaian masalah atas pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah yang mengalami hambatan.

Pada kunjungannya ke Kabupaten Subang, jajaran Sekretariat Kabinet melakukan diskusi serta koordinasi bersama dengan Pemerintah Daerah untuk mendapatkan pandangan dan masukan Pemerintah Daerah dan pelaku usaha terkait muatan UU No.11 tahun 2020 beserta peraturan pelaksanaannya baik yang positif maupun yang berpotensi menghambat investasi di sektor Ekonomi Kreatif, serta mendapatkan respon/laporan dan evaluasi berdasarkan fakta di lapangan atas pelaksanaan dan implementasi perizinan berusaha berbasis resiko di sektor ekonomi kreatif, dan menggali informasi atau masukan atas kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan investasi di sektor ekonomi kreatif untuk penyiapan rekomendasi atas perbaikan pada penyusunan kebijakan.

Dalam rapat koordinasi ini, Pemerintah Kabupaten Subang menyampaikan beberapa informasi terkait sektor ekonomi, pariwisata, perizininan usaha serta sektor ekonomi kreatif yang disampaikan oleh OPD terkait diantaranya DKUPP, Disparpora, DPMPTSP, BP4D serta Komite Ekraf Kabupaten Subang. Dalam hal tersebut disampaikan pula hambatan-hambatan yang terdapat pada sektor ekonomi kreatif secara menyeluruh, diharapkan dalam pertemuan ini dapat menemukan solusi bersama dan penyelesaian yang baik terhadap hambatan-hambatan tersebut.

Sekda Subang, Kang Asep Nuroni berharap pertemuan tersebut bisa memberikan ilmu baru dalam memaksimalkan berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Subang untuk menjadikan Subang sebagai mesin ekonomi Jawa Barat. Dengan adanya beberapa proyek strategis nasional yang ada di Kabupaten Subang, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terus berbenah dan terus berusaha untuk mengimbangi perkembangannya, mengharuskan Pemerintah Daerah mengatur strategi agar masyarakat Subang juga turut andil dalam kesuksesan perekonomian di Kabupaten Subang.

“Dalam pertemuan yang sangat menarik ini dan yang di tunggu-tunggu, kami Pemerintah Daerah Kabupaten Subang berharap dapat bertukar informasi yang bisa disampaikan kepada Pemerintah Pusat dan mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk menggerakan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Subang untuk menjadikan Subang sebagai mesin ekonomi Jawa Barat. Dan semoga hambatan-hambatan yang ada bisa terselesaikan dengan segera” ujar Kang Asep Nuroni. Dalam rapat koordinasi ini turut hadir Kepala Dinas DKUPP, Kepala Dinas DPMPTSP, Kepala Dinas Parpora, Kabag Ekonomi, serta perwakilan dari komite Ekraf Subang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *