Berita

Dukung Proses Demokrasi, JPPR Resmi Daftarkan Diri Sebagai Pemantau Pilkada Kab. Subang

281
×

Dukung Proses Demokrasi, JPPR Resmi Daftarkan Diri Sebagai Pemantau Pilkada Kab. Subang

Share this article
JPPR Resmi Daftarkan Diri Sebagi Pemantau Pilkada Kab. Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Resmi mendaftarkan diri sebagai pemantau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Subang pada November mendatang.

Langkah ini menegaskan komitmen JPPR dalam mendukung proses demokrasi yang transparan, adil, dan berintegritas di Indonesia, terlebih di Kabupaten Subang.

Dengan didaftarkannya JPPR sebagai pemantau Pilkada di Kabupaten Subang, organisasi ini akan berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pilkada, agar terlaksana secara jujur, bebas, dan adil.

Baca Juga Melalui Aplikasi E-SKM, Pemkab Subang Akan Adakan Survei Kepuasan Masyarakat

Sesuai dengan perannya, JPPR merupakan organisasi yang berdedikasi dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, meningkatkan partisipasi pemilih, serta memastikan bahwa setiap proses pemilihan umum berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

“Langkah awal bagi JPPR untuk bisa beriringan Bersama KPU dalam Mensukseskan PILKADA Kabupaten Subang yang berkualitas. Kami percaya bahwa Pilkada yang bersih dan adil adalah dasar bagi terwujudnya pemerintahan yang demokratis dan akuntabel. Dengan mendaftarkan JPPR sebagai pemantau Pilkada di Kabupaten Subang, kami berkomitmen untuk memastikan setiap suara dihargai dan proses Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” papar Ketua JPPR, Deni Subroto.

JPPR, kata Deni, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Subang untuk turut serta dalam menjaga integritas Pilkada dengan menjadi pemilih yang cerdas dan aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan.

“Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menciptakan pemilu yang lebih baik dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mewakili kepentingan rakyat,” kata Deni.

Baca Juga Pertamina EP Subang Bersama IATL ITB Gelar Aksi Penanaman 4000 Pohon Mangrove di Pesisir Karawang

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pemantau Pilkada, JPPR akan melakukan serangkaian kegiatan, antara lain pemantauan tahapan Pilkada dengan mengawasi seluruh tahapan Pilkada mulai dari persiapan, kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara.

Selain itu JPPR, akan melakukan edukasi dan Pelatihan Pemantau dengan memberikan pelatihan kepada para pemantau independen agar memahami prosedur pemantauan dan kode etik yang harus dipatuhi.

Dan akan membuat pelaporan dan analisis lewat mengumpulkan data dan melaporkan temuan selama proses Pilkada, serta memberikan analisis mendalam untuk perbaikan di masa mendatang.

“Kami juga akan lakukan sosialisasi kepada Masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi aktif dan pengawasan dalam proses demokrasi,” pungkasnya.

Baca Juga Jelang Pilkada 2024, Isu Pemekaran Wilayah Menjadi Program Konkret yang Menjanjikan

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Subang, Abdul Muhyi mengapresiasi itikad baik JPPR untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada Subang yang digelar pada November mendatang.

“Kami ucapkan terimakasih atas i’tikad baik JPPR untuk turut serta menjadi Lembaga Pemantau Pemilihan dan kami optimis selama proses pilkada ini berlangsung JPPR dan KPU subang bisa berintegritas demi tercapainya PILKADA yang berkualitas dan menjunjung ,” kata Muhyi

Sumber : Tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *