BeritaSubang

Polres Subang Gelar Apel Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024

1071
×

Polres Subang Gelar Apel Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024

Share this article
Apel Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024 Di Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Polres Subang menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 di Halaman Mapolres Subang, Rabu (3/4/2024).

Apel Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024 Di Subang

Pelaksanaan apel pasukan tersebut diikuti petugas yang tergabung dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, unsur Dinas Perhubungan, unsur Dinas Kesehatan, Damkar, BPBD, mitra Kepolisian, dan Organisasi Masyarakat.

“Digelarnya apel pasukan ini untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dan ini merupakan komitmen nyata dan sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka untuk pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah,” kata Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu.

Kapolres Subang mengatakan, berdasarkan hasil survei indikator kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik pada 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibanding 2022.

Berita Terkait : Hasil Survey, Dishub Jabar Perkirakan 37 Juta Pemudik Akan Masuk Wilayah Jawa Barat

Menurut Kapolres Subang, hal tersebut merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun 2023.

“Ya, kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023,” jelas AKBP Ariek Indra Sentanu.

Karena itu, petugas yang tergabung dari TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

Sebelumnya, Operasi ini diawali KRYD yang tertanggal 28 Maret sampai 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai 23 April 2024.

“Kegiatan operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian,” ujar Kapolres Subang.

Selanjutnya, Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu menyatakan pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Berita Terkait : Sambutan Apel Pagi, Pj Bupati Subang Ingatkan Kembali Pentingnya Soliditas dan Amanat Jelang Idul Fitri

Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024.

“Meski demikian, kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, dan kenyamanan arus lalu lintas melalui pengaturan operasional angkutan barang, Sistem One Way dan Contra Flow, penerapan ganjil genap, ketentuan penyeberangan, delaying system dan buffer zone, hingga penundaan proyek konstruksi. Pahami dan implementasikan SKB ini secara presisi di lapangan, serta sosialisasikan kepada masyarakat,” kata Kapolres Subang.***

Sumber : timenews.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *