Berita

Jaga Budaya Literasi Lewat Seni, Teater Pelangi Berikan Penampilan Terbaiknya di Kabupaten Subang

341
×

Jaga Budaya Literasi Lewat Seni, Teater Pelangi Berikan Penampilan Terbaiknya di Kabupaten Subang

Share this article
Teater Pelangi Jaga Budaya Lewat Literasi Di Kabupaten Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Banyak ragam dilakukan untuk menjaga dan membudayakan literasi di tengah masyakakat. Salah satunya dengan berteater.

Salah satunya teater Pelangi, yang bermarkas di SD Negeri Margamulya 2 Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Subang.

Pendiri Teater Pelangi, Abdul Karim menjelaskan awal mula terbentuknya teater ini berasal dari kunjungan para pelajar yang memiliki minat besar terhadap seni.

Abdul Karim, yang telah aktif dalam dunia seni dan sering mengadakan pementasan kecil, menemukan kesempatan untuk membentuk wadah khusus teater. Pada 21 April 2009, melalui diskusi-diskusi literasi di SD Negeri Margamulya 2, lahirlah Teater Pelangi sebagai sarana untuk menyebarkan semangat literasi secara kreatif kepada masyarakat.

Berita Terkait : Sebagai Komitmen Peduli Lingkungan, KPID Jawa Barat Tanam 2500 Pohon

“Nama “Pelangi” dipilih dengan filosofi bahwa pelangi adalah anugerah, sebuah fenomena alam yang datang dan pergi namun selalu meninggalkan kesan yang mendalam. Ini juga jadi tujuan kita berteater untuk memberikan dampak positif dan berkesan melalui setiap penampilannya,” kata Abdul Karim

Karim memaparkan Teater Pelangi didirikan dengan tujuan utama untuk membangun literasi di kalangan masyarakat melalui seni teater. Dia menekankan bahwa pendekatan ini membuat masyarakat tidak merasa diajari secara langsung, melainkan merasakan pesan yang disampaikan melalui pertunjukan.

“Teater Pelangi sering mengangkat tema-tema sosial yang relevan dengan isu-isu yang dihadapi masyarakat, menjadikan setiap pementasannya edukatif dan bermakna,” imbuhnya

Hadir sejak k 2015, Teater Pelangi sudah banyak menorehkan prestasi. Salah satunya di tahun pertama berdiri, Teater Pelangi diundang oleh Danramil Ciasem, Karsa, untuk mengisi acara Bulan Bakti TNI di Alun-Alun Kabupaten Subang.

Berita Terkait : Ribuan Warga Jawa Barat Memeriahkan Acara Jalan Sehat HARSIARDA 2024

Sejak saat itu hingga tahun 2018, Teater Pelangi rutin menjadi bagian dari agenda-agenda kegiatan yang berkaitan dengan TNI dan peringatan Hari Kemerdekaan di Kabupaten Subang. Salah satu penghargaan yang mereka terima adalah piagam dari Bupati Subang, Ruhimat, sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam mengisi hari-hari besar.

Prestasi lainnya yang membanggakan adalah ketika Teater Pelangi meraih Juara Terbaik dalam Film Adara Relief Internasional dengan tema tentang cinta dan Palestina. Prestasi ini semakin mengukuhkan peran Teater Pelangi sebagai rumah belajar dan pusat gerakan literasi yang berpengaruh.

Dengan dedikasi dan komitmen yang kuat, Teater Pelangi terus menginspirasi dan mengedukasi masyarakat melalui seni teater, membuktikan bahwa seni bukan hanya hiburan, tetapi juga alat yang efektif untuk perubahan sosial dan peningkatan literas.

Sumber : Tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *