KolomZulhijah

Keutamaan 3 Puasa Pada Bulan Dzulhijjah

91
×

Keutamaan 3 Puasa Pada Bulan Dzulhijjah

Share this article
people sharing some dried dates scaled
sumber foto : freepik

Pada bulan Dzulhijjah selain ibadah kurban dan melaksanakan salat Idul Adha, umat islam juga dianjurkan untuk berpuasa. Ada tiga puasa yang bisa dikerjakan oleh umat islam pada bulan Dzulhijjah yaitu puasa dzulhijjah, puasa tarwiyah,dan puasa arafah. Dari tiga puasa ini tentu saja memiliki keutamaannya masing-masing.

Puasa dzulhijjah adalah puasa yang dilaksanakan mulai hari pertama di bulan Dzulhijjah sampai hari ketujuh. Puasa ini dianjurkan sesuai dengan riwayat hadits yang disampaikan oleh Hafshah bin Umar bin Khattab r.a. Dalam hadist tersebut disebutkan juga bahwa puasa dzulhijjah adalah salah satu amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW.

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ
.
Artinya : Dari Hafshah r.a, ia berkata “ Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah     SAW yaitu, puasa asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum subuh “ (HR Ahmad dan An Nasa’i)

Berikut adalah keutamaan dari puasa dzulhijjah :

  1. Tanggal 1 Dzulhijjah merupakan hari dimana Allah SWT mengampuni Nabi Adam as di Arafah. Maka, jika orang melaksanakan puasa di hari tersebut maka kita akan diampuni dosa-dosanya .
  2. Tanggal 2 Dzulhijjah merupakan hari dimana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus as untuk dikeluarkan dari perut ikan nun. Maka, orang yang melaksanakan puasa di hari tersebut akan mendapat pahala sama seperti beribadah dan berpuasa selama satu tahun penuh tanpa bermaksiat.
  3. Tanggal 3 Dzulhijjah merupakan hari dimana Allah SWT mengabulkan doanya Nabi Zakaria as. Maka, orang yang melaksanakan puasa pada hari itu akan dikabulkan doanya.
  4. Tanggal 4 Dzulhijjah merupakah hari kelahiran Nabi Isa as. Sehingga, jika kita melaksanakan puasa pada hari tersebut  maka akan dijauhkan dari kesulitan dan akan dikumpulkan bersama orang-orang yang mulia kelak di akhirat nanti.
  5. Tanggal 5 Dzulhijjah merupakan hari kelahiran Nabi Musa as. Sehingga, orang yang melaksanakan puasa pada hari itu , akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.
  6. Tanggal 6 Dzulhijah merupakan hari dimana Allah SWT membukakan pintu kebaikan untuk para Nabi. Sehingga, bagi orang yang melaksanakan puasa di hari ini, maka  Allah SWT akan melimpahkan rahmat dan kasih sayang Nya.
  7. Tanggal 7 Dzulhijjah adalah hari dimana pintu neraka akan dikunci sampai hari kesepuluh bulan Dzulhijjah. Maka, bagi orang yang melaksanakan puasa di hari tersebut akan dihindarkan dari tiga puluh pintu kemelaratan  serta dibukakan tiga puluh pintu kemudahan.

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari kedelapan di bulan Dzulhijjah. Keutamaan dari puasa tarwiyah ini adalah dapat menghapus dosa selama satu tahun. Kemudian puasa arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari kesembilan di bulan Dzulhijjah. Hukum puasa arafah adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan. Keutamaan dari puasa arafah ini adalah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun. 

Walaupun dari hadist sebelumnya disebutkan bahwa puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah puasa sepuluh hari Dzulhijjah, namun puasa pada hari kesepuluh itu diharamkan karena sudah masuk ke dalam hari tasyrik. Wallahu’alam bish shawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *