KolomZulhijah

Menyambut Hari Arafah Menjelang Idul Adha

18
×

Menyambut Hari Arafah Menjelang Idul Adha

Share this article
makkah kaaba hajj muslims 21730 5628
sumber foto : freepik

Hari Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah setiap tahunnya merupakan salah satu hari yang dimuliakan oleh Allah SWT . Satu hari menjelang Idul Adha ini memiliki banyak keistimewaan. Ada banyak amalan yang dapat dikerjakan di hari Arafah ini. Salah satunya puasa arafah. Keutamaan dari puasa arafah adalah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun. Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadist, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

Artinya : “ Puasa hari arafah aku harapkan dari Allah SWT bisa menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya “ (HR Muslim)

Begitu luar biasa ganjaran yang akan Allah SWT berikan kepada umatnya yang berniat dan mengerjakan puasa arafah ini. Namun, selain puasa  arafah ada beberapa keutamaan lainnya di hari arafah. Beberapa ulama menyebutkan bahwa Allah SWT di hari ini paling banyak membebaskan manusia dari neraka. Aisyah r.a juga meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟

Artinya : “ Tidak ada hari dimana Allah Azza wa Jalla membebaskan hambanya dari neraka lebih banyak daripada hari arafah dan sungguh Dia mendekatkan lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata :  Apa yang mereka inginkan ?” (HR Muslim)

Kemudian, doa-doa yang dipanjatkan di hari yang mulia ini dikatakan sebagai doa terbaik. Abdullah bin Amr r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda :

خَيْرُ الدُّعاءِ دُعاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَناَ وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : “ Sebaik-baiknya doa adalah doa hari arafah, dan sebaik-baiknya ucapan yang Aku dan para Nabi sebelumnya ucapkan adalah La illaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir “ ( HR At-Tarmidzi)

Dari hadits tersebut, ada salah satu doa yang dapat kita amalkan di hari arafah yaitu :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya : “ Tidak ada Illah yang berhak diibadahi selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan semesta, dan bagi-Nya segala puji. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu” Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi umat islam untuk menyambut hari arafah ini dengan suka cita. Begitu banyak amalan yang ditawarkan oleh Allah SWT  dengan pahala dan ganjaran yang sangat luar biasa juga. Pada hari arafah ini Allah SWT menyiapkan seluruh hambanya sebelum menghadapi hari yang lebih agung lagi yaitu Hari Idul Adha. Wallahu’alam bish shawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *