Berita

Perbaiki Kualitas Air, Pj Bupati Subang Pimpin Gerakan Bersih-Bersih Saluran Kota Subang

314
×

Perbaiki Kualitas Air, Pj Bupati Subang Pimpin Gerakan Bersih-Bersih Saluran Kota Subang

Share this article
Pj Bupati Subang Pimpin Gerakan Bersih Bersih Saluran Kota Subang

SUBANG, Elshifaradio.com – Pj Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd bersama Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kabupaten Subang Rosnelly Imran, S.KM., melaksanakan Gerakan Bersih-Bersih Saluran Perkotaan dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup 2024, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang ini mengangkat tema “Subang Ngahiji Bersihkan Saluran Perkotaan Mewujudkan Solidaritas dan Kebersihan Lingkungan”.

Kepala DLH Subang, Hari Rubiyanto S.STP., M.Si. menyampaikan bahwa gerakan bersih-bersih saluran perkotaan bertujuan untuk memperbaiki ekosistem demi kelangsungan hidup.

“Meningkatkan kualitas air memperbaiki ekosistem yang terganggu akibat sampah,”ujar Hari Rubiyanto.

Hari Rubiyanto juga mengungkapkan bahwa kegiatan gerakan bersih-bersih dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan

Ia juga memaparkan peserta kegiatan ini berasal dari unsur OPD, Kecamatan, para pegiat lingkungan, dari Unsur Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Unsur Pramuka.

Baca Juga : Diduga Jual Obat Ilegal, Sejumlah Warga Menggerebek Toko Obat di Cipaku

Hari Rubiyanto menambahkan kegiatan tersebut dilakukan di enam titik lokasi yakni : Benpas-Kelurahan Soklat, Saluran Area Pemda, Sungai Cileuleuy, Salter Cigadung, Area Mbah dongdo, saluran di belakang BRIN-SMKN 1 Subang, dan jembatan Sompi dengan estimasi kurang lebih 3 km.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan Penyerahan penghargaan terkait Penyelenggara Jumat Bersih oleh Pj. Bupati Subang yang didampingi Pj. Ketua TP PKK kepada penerima Kategori Organisasi Perangkat Daerah yaitu Diskominfo Subang, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Sekretariat DPRD dan Disarpus. Dan untuk kategori Kecamatan diberikan kepada Kecamatan Jalancagak, Kecamatan Subang dan Kecamatan Pabuaran.

Baca Juga : Politisi Muda Asal Pantura Gelar Badminton Competition di Perumahan BSK Subang

Kemudian diserahkan pula berupa Tempat Sampah Dorong, Sapu lidi dan serokan Sampah kepada Para penerima penghargaan Penyelenggara Jumat Bersih.

Sebelumnya, Pj Bupati Subang, Imran dalam sambutannya mengapresiasi Gerakan Bersih-Bersih Saluran Perkotaan, sebagai gerakan mulia peduli lingkungan.

“Saya ingin sampaikan tugas mulia kita adalah untuk menjaga bagaimana lingkungan hidup itu bisa terpelihara,”kata Imran .

Ia menegaskan bahwa ekosistem harus dirawat dengan baik agar sumber air yang menjadi kebutuhan pokok tetap terjaga.

Pj Bupati Subang pun menghimbau agar tetap waspada ditengah kondisi curah hujan tinggi, terutama di beberapa area selatan dengan potensi rawan bencana.

“Setiap kali sudah hujan lebat itu saya sudah siap siaga, menerima laporan,”kata Imran .

Pj Bupati Subang menjelaskan bahwa konsentrasi terhadap kebersihan lingkungan menjadi hal utama untuk terus dilakukan upaya preventif agar tidak terjadi bencana baik longsor ataupun banjir.

Baca Juga : Berikan Kontribusi Positif, Lukmantias Raih Penghargaan di Acara Dinas Kehutanan Jabar

“Mungkin dengan kerja kita yang sedikit pada hari ini mungkin dapat menggerakkan itu yang lain, untuk bekerja yang sama sama seperti yang kita lakukan,”tandasnya.

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan bersama sebagai bentuk komitmen kepedulian lingkungan dalam mewujudkan Subang Ngahiji Bersihkan Saluran Perkotaan Mewujudkan Solidaritas dan Kebersihan Lingkungan oleh Pj Bupati Subang serta jajaran.

Agenda dilanjutkan dengan gerakan bersih-bersih saluran air perkotaan, dimana Pj. Bupati Subang turun langsung membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai depan Pemda hingga Kelurahan Soklat, dan dilanjutkan dengan membersihkan aliran sungai sekitar Wisma Karya hingga Mbah Dongdo.

Sumber : lampusatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *