BeritaSubang

Lakukan Kunjungan Lapangan, Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta Ngampus Di DAHANA Subang

77
×

Lakukan Kunjungan Lapangan, Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta Ngampus Di DAHANA Subang

Share this article
Kunjungan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN ke Dahana Subang

SUBANG, Dikutip dari Lampusatu.com – Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta melakukan kunjungan lapangan ke Kawasan Energetic Material Center PT DAHANA.

Rombongan peserta ini diterima oleh SM Legal dan Komunikasi Perusahaan DAHANA Juli Jajuli di Auditorium Kampus DAHANA, Subang, Jawa Barat pada Kamis 22 Februari 2024.

Dalam sambutannya Juli memperkenalkan sejarah singkat DAHANA yang lahir dari proyek “Menang” Angkatan Udara Republik Indonesia.

DAHANA sempat berkantor pusat di Tasikmalaya sebelum akhirnya menempati lahan seluas hampir 600 hektar di Subang. Saat ini, fasilitas bahan peledak DAHANA menjadi yang terlengkap di kawasan ASEAN. Kampus Dahana sendiri dikenal dengan sebutan Kiblat Bahan Peledak Indonesia.

Baca Juga KPU Harus Tetapkan Perolehan Suara Secara Nasional Pada 20 Maret 2024

“Selamat datang di Kampus Dahana. Kampus ini merupakan Kantor Manajemen Pusat DAHANA. Bukan universitas, namun filosofi kampus sebagai tempat belajar juga tidak keliru, karena saat ini DAHANA merupakan tempat belajar dan praktek untuk para praktisi dan mahasiswa yang membidangi bahan berenergi tinggi atau bahan peledak,” terang Juli Jajuli.

Di atas lahan 600 hektar, DAHANA membangun berbagai macam fasilitas, seperti area perkantoran yang memiliki sertifikat Green Building level platinum, balai pertemuan, museum, taman baca, pabrik-pabrik bahan peledak, hingga pergudangan. Tak tanggung-tanggung, kawasan Energetic Material Center DAHANA memiliki fasilitas bahan peledak terlengkap di kawasan ASEAN,” ungkap Juli Jajuli.

Dalam operasinya DAHANA bergerak di beberapa sektor seperti pertambangan umum, kuari dan konstruksi, migas hingga militer. Di tengah kompetisi yang semakin ketat di industri bahan peledak, DAHANA berhasil mempertahankan dan terus mengembangkan pasar baik di tanah air maupun di manca negara.

Kunjungan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN ke DAHANA

Usai mendapatkan pemaparan, 91 mahasiswa dan dosen UPN Veteran tersebut berkesempatan untuk melakukan tanya jawab, dilanjutkan dengan plant tour mengunjungi kawasan Energetic Material Center (EMC) DAHANA yang berisikan pabrik bahan peledak, pergudangan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Ketua Kuliah Lapangan 2 UPN Gunawan Noesanto mengapresiasi DAHANA yang telah terbuka kepada mahasiswanya untuk belajar tentang bahan peledak terutama dalam aplikasinya di lapangan pertambangan.

“Kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada DAHANA yang telah memberikan kami ruang untuk belajar, semoga mahasiswa yang hadir dapat memahami bagaimana proses aplikasi bahan peledak di dunia pertambangan,” kata Gunawan Noesanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *