Berita

Bangun Infrastruktur Jangka Panjang, NASA dan Nokia Kembangkan Jaringan 4G di Bulan

663
×

Bangun Infrastruktur Jangka Panjang, NASA dan Nokia Kembangkan Jaringan 4G di Bulan

Share this article
NASA dan Nokia Kembangkan Jaringan 4G di Bulan

SUBANG, Elshifaradio.com – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersama dengan Nokia telah sepakat untuk mengembangkan jaringan seluler 4G di permukaan Bulan, sebuah langkah penting dalam membangun infrastruktur yang mendukung keberadaan manusia dalam jangka panjang di sana.

NASA dan Nokia Kembangkan Jaringan 4G di Bulan

Tahun ini, SpaceX akan meluncurkan roket yang membawa jaringan 4G sederhana ke Bulan. Semua peralatan akan dibawa ke permukaan Bulan menggunakan wahana pendarat Nova-C yang dirancang oleh Intuitive Machine AS.

Jaringan 4G ini akan dipasang di kutub selatan Bulan, di Kawah Shackleton, dan akan dikendalikan dari jarak jauh di Bumi. Proyek ini juga melibatkan kolaborasi dengan Lunar Outpost, yang akan mengirimkan dua robot penjelajah: The Lunar Outspot rover dan The Micro-Nova hopper.

The Lunar Outspot rover akan menjelajahi Shackleton Connecting Ridge, sementara The Micro-Nova hopper akan melakukan pendaratan di kawah Shackleton untuk memindai es Bulan dari jarak dekat.

Tantangan utama dalam proyek ini adalah bagaimana menjalankan jaringan 4G di lingkungan Bulan yang keras, dengan suhu dan radiasi ekstrem. Namun, berbagai komponen yang telah siap pakai dari Bell Labs Nokia akan digunakan untuk membangun jaringan ini.

Walt Engelund, wakil administrator asosiasi untuk program di Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa NASA, menjelaskan bahwa tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mendukung program Artemis NASA, yang bertujuan untuk mengembalikan manusia ke Bulan dengan konektivitas seluler yang memadai.

Sebelumnya, Bell Labs Nokia telah mendapat dana hibah sebesar $14,1 juta pada tahun 2020. Mereka secara resmi dipilih pada Januari 2024 oleh Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) AS untuk membangun infrastruktur layanan komunikasi yang akan menjadi kerangka kerja ekonomi di Bulan.

Berita Terkait : Jelang Liga 3 Nasional, Kapolres Subang Cek Persiapan Pengamanan Persikas

Thierry Klein, presiden Bell Labs Solutions Research, menegaskan bahwa ekonomi Bulan di masa depan akan sangat bergantung pada teknologi komunikasi untuk mengumpulkan dan menganalisis data, berbagi informasi, serta mengendalikan operasi manusia dan robot.

Dengan adanya jaringan seluler 4G di Bulan, para penjelajah akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan kembali data ilmiah, berkomunikasi dengan kendali misi, dan berhubungan dengan keluarga mereka, membawa pengalaman manusia di Bulan menjadi semakin maju dan terhubung dengan Bumi.

Sumber : Tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *