BeritaNasional

Peringati Mayday 2024, Berikut 5 Tuntutan Buruh Pada Aksi Demontrasi di Jakarta

271
×

Peringati Mayday 2024, Berikut 5 Tuntutan Buruh Pada Aksi Demontrasi di Jakarta

Share this article
5 Tuntutan Buruh Pada Aksi Demontrasi Mayday 2024

SUBANG, Elshifaradio.com – 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Rencananya, Rabu 1 Mei para buruh akan turun ke Jakarta menggelar aksi demonstrasi.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea aksi kali rencananya akan diikuti hampir 50 ribu buruh se-Jabodetabek, Banten, hingga Bandung Raya. Andi memastikan aksi ini berlangsung secara tertib dan damai.

“Kita akan mengerahkan massa sampai estimasinya 48.300. Kita akan melakukan aksi besar dan damai,” kata Andi dalam konferensi pers Mayday 2024 di Jakarta, Senin (29/4/2024) lalu.

Selain di Jakarta, aksi tersebut juga akan diikuti oleh seluruh buruh di Tanah Air. Dia merinci aksi Mayday dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan dipusatkan sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kemudian, pukul 13.00 WIB massa aksi akan bergerak ke Stadion Madya Gelora Bung Karno untuk merayakan Hari Buruh.

5 Tuntutan Buruh Pada Aksi Demontrasi Mayday 2024

Ada beberapa tuntutan yang akan dibawa buruh dalam peringatan Mayday 2024 kali ini. Pertama, buruh meminta pemerintah mencabut Omnibus Law klaster ketenagakerjaan. Kedua, buruh menolak upah murah. Ketiga, perlindungan terhadap buruh migran harus ditingkatkan.

Berita Terkait : Diberhentikan Paksa, Ratusan Security PT PELNI Ngadu Nasib ke Galuh Pakuan

Keempat, mengusulkan kepada Kapolri agar dibentuk unit khusus yang mengurus pidana ketenagakerjaan. Kelima, menolak aturan Outsourcing.

Dia menegaskan demo besar ini tidak ditunggangi oleh politisasi hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sengketa hasil pemilihan presiden (pilpres).

“Saya tegaskan bahwa itu semua sudah selesai di MK. Konsentrasi May Day ini aksi murni perjuangan dan kesejahteraan buruh,” imbuhnya.

Sumber : Lampusatu,com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *