BeritaSubang

Efektif Cegah Abrasi, PHE ONWJ Ciptakan APO di Pulang Burung

55
×

Efektif Cegah Abrasi, PHE ONWJ Ciptakan APO di Pulang Burung

Share this article
Alat Pemecah Ombak Di Pulau Burung Subang

SUBANG, Dikutip dari MEDIAJABAR.COM – Alat Pemecah Ombak (APO) yang merupakan inovasi PHE ONWJ di Pulau Burung, Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang cukup efektif mencegah abrasi.

Hal tersebut diungkapkan Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ, R. Ery Ridwan saat berkunjung ke Pulau Burung, Selasa (27/2/2024).

Menurutnya, APO yang dibangun kerja sama antara MUJ ONWJ dan Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (KKPMP) setempat dalam program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) cukup dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Program ONWJ yang kita terapkan di beberapa tempat, salah satunya di Mayangan ini dari tahun 2014, kita dengan masyarakat, permasalahan atau isu apa yang ada di masyarakat yang bisa kita bantu,” kata Ery.

Alat Pemecah Ombak Di Pulau Burung Subang

Sejak tahun 2014 itu, beberapa pogram telah diluncurkan ONWJ, mulai dari air bersih, perbaikan bebrapa jembatan yang menghubungkan desa, dan program lainnya.

“Sekarang ketika isu abrasi yang menjadi permasalah di Jawa Barat ini atau di Mayangan ini, sehingga kita meluncurkan bersama masyarakat dan membangun APO. Hasilnya cukup efektif menghalau ombak, sangat efektif membangun sedimentasi. asalnya kita ini garis pantai, sekarang bisa kita injak<” katanya.

Menurut Ery, APO yang dibangun di Pulau Burung sangat efektif mencegah terjadinya abrasi yang menjadi ancaman di wilayah Desa Mayangan.

“Sangat efektif menurut saya, dan sudah dilihat dan sudah dirasakan oleh masyarakat manfaatnya,” pungkasnya.

Simak Juga Keistimewaan Sikap Ramah | Sajadah Elshifa Pagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *