Info PentingInformasi

Selain Bermanfaat Bagi Kesehatan, Berikut Manfaat Lain Dari Mengkonsumsi Air Kelapa

304
×

Selain Bermanfaat Bagi Kesehatan, Berikut Manfaat Lain Dari Mengkonsumsi Air Kelapa

Share this article
Manfaat Lain dari Mengkonsumsi Air Kelapa

SUBANG, Elshifaradio.com – Air kelapa telah menjadi minuman favorit banyak orang, terutama untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat sakit. Namun, banyak yang bertanya-tanya, apakah air kelapa benar-benar bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh?

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas air kelapa meningkat pesat. Rasanya yang manis alami membuatnya digemari oleh banyak kalangan. Selain sebagai pelepas dahaga, air kelapa sering dianggap mampu meredakan gejala sakit dan dipercaya bisa menetralkan racun di dalam tubuh.

Menurut sumber dari Healthline, air kelapa memang kaya akan nutrisi penting seperti berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan jantung dan ginjal. Dalam satu cangkir air kelapa, terdapat sejumlah nutrisi seperti:

  • Karbohidrat: 15 gram
  • Gula: 8 gram
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potasium

Berita Terkait : Punya Perannnya Masing-Masing, OPD dan Dinkes Kabupaten Subang Berupaya Tekan Angka Stunting

Apakah Air Kelapa Bisa Mengeluarkan Racun dalam Tubuh?

Pertanyaan utama adalah, apakah benar minum air kelapa bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh? Jawabannya adalah ya. Dilansir dari Medical News Today, air kelapa memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan dorongan dan frekuensi buang air kecil. Dengan demikian, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan bersama urine.

Yang menarik, meskipun meningkatkan frekuensi buang air kecil, air kelapa tidak menyebabkan dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan elektrolit dan mineral dalam air kelapa yang membantu menyeimbangkan kadar cairan tubuh. Oleh karena itu, air kelapa sangat baik dikonsumsi setelah diare atau berolahraga.

Berita Terkait : As-Syifa Boarding School Resmi Menjadi Tuan Rumah OSN Kab.Subang

Manfaat Minum Air Kelapa

Selain kemampuannya untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh, air kelapa memiliki berbagai manfaat lainnya yang tidak kalah penting. Menurut Cleveland Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat minum air kelapa :

  1. Membantu Hidrasi Tubuh: Kandungan elektrolit dalam air kelapa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga efektif untuk rehidrasi.
  2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi: Kandungan potasiumnya yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Rendah Kalori: Air kelapa rendah kalori sehingga baik untuk diet sehat.
  4. Bebas Lemak dan Kolesterol: Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi secara rutin.
  5. Mencegah Batu Ginjal: Konsumsi rutin air kelapa dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.
  6. Antioksidan untuk Kulit Sehat: Kandungan antioksidan dalam air kelapa membantu menyehatkan kulit.
  7. Mengurangi Risiko Sakit Jantung: Beberapa studi menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Air kelapa bukan hanya minuman pelepas dahaga yang menyegarkan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain membantu mengeluarkan racun dari tubuh, air kelapa juga mendukung hidrasi, menurunkan tekanan darah, membantu diet sehat, dan mencegah penyakit tertentu.

Sumber : Tintahijau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *