Berita

Sambut Idul Adha, Assyifa Peduli Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Qurban

156
×

Sambut Idul Adha, Assyifa Peduli Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Qurban

Share this article
Assyifa Peduli Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Qurban

Menyambut Idul Adha pada bulan Dzulhijjah 1445 H, Assyifa Peduli bersama Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kabupaten Subang, menyelenggarakan pelatihan Dauroh Sembelih Hewan Qurban, di area Camping Ground As-Syifa Jalancagak, Sabtu (11/5/2024).

Assyifa Peduli Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Qurban

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai proses penyembelihan hewan qurban yang sesuai dengan prinsip agama dan memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pengetahuan secara menyeluruh dari para ahli.

“Dari hasil riset yang dilakukan oleh DPD Juleha Kabupaten Subang, di Subang ini baru ada 2 tempat sembelih hewan yang sesuai syariat. Sehingga, mendekati momentum Idul Adha ini Assyifa Peduli hadir untuk mengedukasi masyarakat agar dapat melaksanakan penyembelihan hewan qurban sesuat syariat, sesuai prinsip agama, kesejahteraan hewan, keselamatan, kebersihan, keterampilan, dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku,” ungkap Koordinator Event dan Edukasi Assyifa Peduli, Dwi Tresna Fuzia, S.Pd.

Berita Terkait : Pasca Kecelakaan Maut Bus Di Ciater, Berikut 4 Fakta Temuan Polisi

Dwi juga menjelaskan pada kegiatan ini 50 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus DKM masjid, pondok pesantren, sekolah, dan komunitas, hadir dan diberikan pembekalan mengenai Fikih Udhiyah (berqurban).

“Para peserta dibekali materi mengenai fikih berqurban, manajemen qurban, teknik handling hewan, pengenalan bilah sembelih, simpul tali temali, dan tadi ditutup dengan praktik penyembelihan domba secara langsung,” jelasnya.

Dwi berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini dapat memotivasi para peserta agar memiliki lisensi sebagai juru sembelih halal sehingga bisa mengedukasi lebih banyak orang mengenai cara menyembelih halal dan memiliki tempat penyembelihan halal sesuai syariat di daerahnya.

Berita Terkait : Tewaskan 11 Orang, Kepolisian Nasional Tinjau Bangkai Bus Kecelakaan Maut di Ciater

Sementara itu Ketua DPD Juleha Kab. Subang, Andi Subastian menyampaikan bahwa Juleha bersama Assyifa Peduli berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan ini setiap tahun.

“Ya, Insya Allah syiar sembelih halal ini akan terus digelar setiap tahunnya dan ini sebagai salah satu ikhtiar Assyifa Peduli dan Juleha Subang untuk terus melahirkan para juru sembelih halal yang terstandardisasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Assyifa Peduli turut mensosialisasikan program Syiar Dzulhijjah 1445 H yang bertema “Ketika Cinta BerQurban” dan menjalin kerjasama dengan para peserta dalam peningkatan jumlah pequrban tahun ini yang dapat diakses pula melalui website aksipeduli.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *