BeritaSubang

Tingkatkan Literasi Digital, PJ Bupati Subang Berikan Keynote Speech Pada Kegiatan Nobar Cakap Digital

41
×

Tingkatkan Literasi Digital, PJ Bupati Subang Berikan Keynote Speech Pada Kegiatan Nobar Cakap Digital

Share this article
Keynote Speech PJ Bupati Subang Untuk Literasi Digital

SUBANG, Dikutip dari Jabarpress.com – Pj Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd., menghadiri dan memberikan Keynote Speech pada Kegiatan Nonton Bareng dengan judul “Cakap Digital” yang bertempat di Aula SMPN 1 Subang, Jumat (08/03/2024)

Penyelenggaran kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Subang, dalam rangka meningkatkan Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia Makin Cakap Digital. Secara seksama memahami hak dan tanggung jawab digital.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Pj. Bupati Subang, Dr. Imran yang memberikan keynote speech berharap generasi muda Subang semakin menguasai digital dengan baik.

“Saya ingin anak-anak Subang semakin berkembang makin terbuka, ide-idenya untuk membangun Subang”, tegasnya.

Dr. Imran mengungkapkan bahwa arus perkembangan teknologi senantiasa berdampingan dengan perkembangan hidup manusia.

“Oleh karena itu, semua stakeholder harus paham, harus aware terhadap hal yang satu ini”, pesannya.

Keynote Speech PJ Bupati Subang Untuk Literasi Digital

Dr. Imran juga menyadari bahwa terkadang stakeholder cenderung lambat menangkap derasnya perkembangan teknologi informasi, maka dari itu, harus ada upaya untuk menghadapi situasi perkembangan teknologi informasi.

“Seluruh komponen bangsa, itu harus bertransformasi diri, merubah pola pola kita yang secara konvensional ke digital” Ungkapnya.

Kemudian, Dr. Imran juga menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 mempercepat masyarakat untuk menguasai berbagai produk teknologi informasi, salah satunya platform virtual dari tahun 2020-2022.

“Kita akhirnya terbiasa mengikuti rapat pembelajaran secara virtual”.

Dr. Imran mengajak seluruh masyarakat dari jumlah pengguna aktif teknologi informasi 78,19 % dari jumlah penduduk Indonesia.

“Kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, percuma”, tegasnya.

Selain itu, Dr. Imran mengungkapkan kehadiran teknologi informasi sepatutnya harus mendorong pengembangan diri, bertambahnya wawasan dan penguasan ilmu pengetahuan.

“Ini bentuk yang harus kita strukturkan dengan baik, transformasi digital harus kita manfaatkan untuk kompetesi guru, kompetensi ASN dan seluruh stakehokder yang ada di Kab. Subang”.

D. Imran menegaskan, sebagai Pj. Bupati Subang dirinya akan turut memastikan setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kegiatan-kegiatan pendidikan dengan upaya mengoptimalisasikan digitalisasi untuk pendidikan di Kabupaten Subang.

Dr. Imran menghimbau untuk terus menyiasati efek negatif dari perkembangan digital di tengah masyarakat.

“Kita harus dapat membendung berita hoaks yang dapat mengadu domba satu dengan yang lainnya”. Ungkapnya.

Turut hadir dalam agenda tersebut Ditjen Aptika kominfo RI, Staf Ahli Bupati, Kadisdikbud, Kadis Kominfo, Kepala Sekolah SMP N 1 Subang dan jajarannya, Para Narasumber dan tamu undangan lainnya, serta Para Peserta yang hadir baik dalam jaringan dan luar jaringan.

Baca Juga Akibat Konsleting Listrik, Salah Satu Ruko Di Kasomalang Dilalap Si Jago Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *