Berita

Upaya Capai Target 80%, PWI Subang Siap Dukung Bawaslu Tingkatkan Partisipasi Pilkada Serentak 2024

241
×

Upaya Capai Target 80%, PWI Subang Siap Dukung Bawaslu Tingkatkan Partisipasi Pilkada Serentak 2024

Share this article
PWI Subang Dukung Bawaslu Tingkatkan Partisipasi Pilkada 2024

SUBANG, Elshifaradio.com – Dalam rangka Pilkada Serentak Kabupaten Subang Tahun 2024, KPU Subang targetkan tingkat partisipasi mencapai angka 80 persen.

Bawaslu Subang menyambut baik hal itu dan akan meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat di Pilkada Subang ini, yang sudah memasuki tahapan perencanaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Subang , Achmad Mansur saat audiensi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Subang di aula Bawaslu Subang, Senin (4/6/2024).

Audensi PWI dengan Bawaslu tersebut, menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri dan PWI Pusat, dimana diintruksikan kepada PWI Provinsi dan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini penyelenggara pilkada serentak yaitu KPU dan Bawaslu, dalam hal sosialisasi, edukasi dan literasi terkait pilkada guna meningkatkan partisipasi pemilih dan juga peran partisipasi pengawasan masyarakat pada penyelenggaraan pilkada ini.

Berita Terkait : Peringati Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Subang Ajak Seluruh Komponen untuk Membumikan Pancasila dalam Setiap Aspek Kemasyarakatan

Dalam audensi tersebut, Achmad Mansur Ketua Bawaslu Subang didampingi dua Komisioner Cucu Kodir dan Jamal Kumaunang menyampaikan beberapa hal soal stabilitas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 ini, khususnya di Kabupaten Subang.

Menurutnya, berkaitan soal sosialisasi, edukasi dan literasi pilkada serentak ini, pihaknya menyambut baik soal itu.Tetapi lanjutnya, perlu diketahui bersama ada perbedaan corak antara Bawaslu dan KPU berkaitan soal sosialisasi yang dimaksud.

Mengapa demikian, karena yang membuat schedule tahapan pilkada serentak adalah KPU, Bawaslu hanya melakukan pengawasan berkaitan soal semua tahapan penyelenggaraan nya.

“Jadi soal sosialisasi dan edukasi tadi, berbeda corak dengan KPU, peran Bawaslu dalam sosialisasi itu, bagaimana meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat, pada pilkada serentak ini, menuju pilkada yang aman lancar dan damai,” kata Mansur sapaan akrabnya.

Berita Terkait : Tingkatkan Harmoni Kehidupan Beragam, FKUB Kabupaten Subang Gelar Dialog Keagamaan

Oleh karena itu sangat tepat bila PWI pun ikut berperan dan berkontribusi dalam hal peningkatan partisipasi pengawasan masyarakat pada Pilkada Serentak tahun ini. Terutama mencegah timbulnya berita hoax.

“Mari kita bersama sama mengawasi penyelenggaraan pilkada serentak ini, dalam hal meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat, menuju pilkada yang jujur dan adil, ” tuturnya.

Berkaitan soal besar anggaran, Achmad Mansur menyebut, bahwa anggaran Bawaslu untuk pilkada Subang ini sebesar Rp. 17,3 milyar.

Selanjutnya, Ahmad Mansur, juga meminta kepada mendia dalam hal ini PWI, untuk memunculkan kualitas pemberitaan yang berkualitas, narasi yang baik dan juga konten konten medsos yang bersifat meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat pada pesta demokrasi pilkada serentak tahun 2024 ini, menuju stabilitas penyelenggaraan pilkada yang ber legitimate.

Berita Terkait : Ratusan Ribu Warga Miskin di Kabupaten Subang Dapat Jaminan Kesehatan dari BPJS

Sementara itu Ketua PWI Subang Zaenal Muttaqin didampingi Sekretaris nya H. Yaman Suryaman mengucapkan terimakasih atas sambutan yang hangat dari Ketua Bawaslu Subang Achmad Mansur beserta jajaran, dan pada intinya PWI siap mendukung program Bawaslu berkaitan dengan sosialisasi peningkatan peran partisipasipatif pengawasan masyarakat pada penyelenggaraan dan semua tahapan pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Subang.

“Terimakasih atas audensi ini dan kami PWI Subang, siap mendukung program Bawaslu, dan semoga pilkada ini berjalan dengan lancar, aman, damai dan kondusif, ” tukasnya.

Sumber : Lampusatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *