BeritaSubang

Usung Tema Palestina Memanggil, Majelis Ta’lim Sagalaherang Adakan Kegiatan Safari Ramadan

307
×

Usung Tema Palestina Memanggil, Majelis Ta’lim Sagalaherang Adakan Kegiatan Safari Ramadan

Share this article
Kegiatan Safari Ramadan Majelis Ta'lim Sagalaherang

SUBANG, Elshifaradio.com – Dengan mengusung tema Palestina memanggil, majelis ta’lim se-kecamatan Sagalaherang berkolaborasi dengan Yayasan Darul Hikam Dago Bandung mengadakan Safari Ramadan, Rabu (27/03/2024).

Kegiatan Safari Ramadan Majelis Ta’lim Sagalaherang

Dalam kegiatan Safari Ramadan yang digelar di Masjid Besar Al Ikhlas Sagalaherang, Kabupaten Subang tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Lazis Darul Hikam Dago Bandung yang menghadirkan pemateri dari Palestina yaitu Syekh Thaha Hamid Rabah.

Maksud dari kegiatan Safari Ramadan tersebut, selain untuk menjalin ukhuwah islamiah juga bertujuan mengenal lebih dalam tentang apa yang terjadi yang sebenarnya di Palestina.

Dalam penyampaian materi Safari Ramadhan tersebut Syekh Thaha Hamid Rabah menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh jamaah yang telah menyempatkan hadir di majelis ilmu ini.

Dengan mengusung tema Palestina memanggil Syekh Thaha Hamid Rabah menjelaskan bahwa sesungguhnya orang muslim itu semuanya bersaudara, dari belahan bumi manapun termasuk Palestina dan seluruh umat muslim, sesungguhnya keimanan yang tumbuh di dalam hati sesama muslim harus melahirkan rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW, rasa cinta kita kepada sesama muslim, Allah SWT dan rasul nya, akan di balas oleh Allah SWT dengan pahala

Seperti di jelaskan oleh Syekh Thaha, Masjidil Aqsha adalah masjid kedua yang dibangun di dunia, pembangunannya dibuat 40 tahun setelah Masjidil haram.

” Masjidil Aqsha sungguh mulia karena keberadaannya sangat dimuliakan oleh beberapa nabi, termasuk juga oleh Siti Maryam perempuan yang kedudukannya di sucikan di dalam Al Qur’an” jelasnya.

Kemuliaan Masjidil Aqsha selanjutnya terjadi kepada Nabi Muhammad SAW dengan peristiwa isra mi’raj. Dalam peristiwa isra, di sana Nabi Muhammad menjadi imam sholat untuk seluruh nabi dan dilanjutkan dengan peristiwa mi’raj yaitu diangkatnya Nabi Muhammad SAW ke atas langit untuk bertemu Allah SWt untuk mendapatkan perintah sholat 5 waktu dan perintah sholat menghadap kiblat. Dari peristiwa tersebut maka sungguh mulia kedudukan Masjidil Aqsha dalam catatan Islam.

Dalam ceramahnya Syekh Thaha juga menjelaskan bahwa Masjidil Aqsha itu adalah mesjid yang mulia yang bukan hanya dimiliki oleh orang Palestina tetapi juga milik umat muslim di seluruh dunia, apabila kita menyayangi Masjidil Aqsha termasuk salah satu bentuk kesempurnaan dari syahadat, karena mencintai apa yang Allah SWT cintai termasuk salah satu bukti kecintaan kita terhadap Allah SWT dan rasulnya.

Seperti yang kita tahu dalam kondisi sekarang ini Masjid Al Aqsha sedang dikuasai oleh zionis yang membantai orang Palestina dari semua kalangan. Semua yang terbunuh di Palestina merupakan saudara kita semua, dijelaskan syekh sebagai sesama muslim kita nanti akan dipertanyakan oleh Allah SWT apa yang telah kita lakukan untuk membela Palestina, kita harus persiapkan dari sekarang bentuk upaya pembelaan kita terhadap Palestina.

Ditambahkan syekh, salah satu amal terbaik di bulan Ramadan adalah sedekah jariyah, itu merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap Palestina karena sedekah adalah bentuk amalan yang terus berkembang maka dari itu mari kita berikan sedekah terbaik kita untuk membantu Palestina,

“Bagaimana Allah menggambarkan sebuah kebaikan dalam Al Qur’an, dari satu cabang akan tumbuh beribu cabang lain, itulah gambaran shodaqoh dalam Al Qur’an,” pungkasnya.

Sementara itu menurut DKM mesjid Besar Al Ikhlas Sagalaherang, Gaos Sholahudin mengatakan kegiatan Safari Ramadan ini sangat positif sekali, pemaparan materi dan penjelasan tentang kondisi Palestina secara real dapat mengetuk hati para jamaah yang hadir.

“Banyak jamaah yang menitikkan air mata ketika syekh Thaha menjelaskan keadaan palestina yang sesungguhnya, saya harap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta yang lebih mendalam untuk mesjid yang yang mempunyai catatan bersejarah tersebut,” imbuhnya.

Berita Terkait : Dukung Kemajuan Pembangunan, PT SBI Resmikan Fasilitas Batching Plant Di Subang

Beliau juga menambahkan, diharapkan kegiatan ini bisa memancing para agnia untuk membantu meringankan penderitaan saudara kita yang berada di Palestina dan mudah-mudahan para syuhada yang sedang berjuang gugur karena keganasan zionis mendapat surga nya Allah SWT.

“Saya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja, tapi juga di bulan lain, mudah-mudahan kedepannya bisa bersilaturahmi lagi dengan program yang berbeda, kami atas nama Dewan Kemakmuran Mesjid Al ikhlas Sagalaherang menghaturkan terimakasih banyak kepada yayasan Darul Hikam Bandung dan juga kepada Syekh Thaha atas kunjungannya, ” ujarnya.

Sumber : penanews.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *